Tanaman Pangan

9 Tanaman Pangan di Indonesia yang Harus di Budidayakan

Bagikan

Sepanjang masa paling akhir sekitaran 10 ribu tahun saat manusia mulai buka tempat pertanian, sekitaran 80 makna spesies tanaman sudah didomestikasi sebagai musuh dari cuman sekitaran dua lusin tipe hewan yang bisa dimakan. Bahkan juga sepanjang beratus-ratus tahun umumnya tipe tempat pertanian sudah dipertingkat dengan pemuliaan selective lewat proses hibridisasi. Tapi lepas dari keberagaman tanaman pangan selalu ada, sebagian kecil tanaman menyuplai mayoritas makanan dunia.

Misalnya saja seperti beras, gandum, dan jagung ialah tiga jenis tanaman serealia khusus yang meliputi sekitaran 60 % dari tempat panen dunia. Selainnya tanaman pangan untuk keperluan makanan dasar, ada banyak tipe tanaman pangan yang lain terhitung buah dan sayur, kacang-kacangan, rempah-rempah, tanaman minuman, dan sebagainya, yang masing-masing datang dari sisi tertentu pada tanaman.

Tanaman Pangan

Istilah “tanaman pangan” merujuk pada suplai pangan khusus dunia yang dari tanaman; sebuah tanaman mengasumsikan interferensi manusia lewat pertanian. Secara umum, tanaman pangan terbagi dalam beberapa bijian, kacang-kacangan (terhitung kacang kering), sayur, buah, bumbu dan rempah-rempah, tanaman minuman seperti yang dari tanaman teh dan kopi, dan lain-lain.

Beberapa makanan, seperti sayur laut, ialah tanaman pangan dalam soal penghimpunan dan bukan pertanian yang tersengaja, walau tidak disangsikan kembali sumber terbaik makanan itu dirawat secara baik untuk sumber daya untuk menahan pemanenan yang terlalu berlebih, pencemaran, dan akses lisensi.

Tanaman Pangan

Berikut bermacam beberapa macam tanaman pangan, diantaranya:


Sereal

Serealia ialah biji yang bisa dikonsumsi yang dari kerabat rerumputan (Poaceae atau Graminae). Beberapa bijian itu ialah caryopsis, yang disebut buah kering, satu biji, dengan kulit luar yang keras bersatu dengan kulit biji. Butir tanaman sereal kemungkinan berlainan dalam ukuran dan wujud, tapi mereka mempunyai susunan dan formasi yang serupa.

Sereal sebagai tanaman yang ditanamkan untuk dipanen dan digunakan bijinya untuk sumber karbohidrat. Tanaman serealia secara umum dibanyakin dengan bijinya dan dapat diperbudidayakan di tempat sawah atau tempat kering.

Salah satunya usaha untuk capai hasil yang maksimal untuk tipe serealia yakni menanam varietas yang sesuai situasi keadaan. Sampai sekarang sudah banyak dibuat varietas untuk tiap tipe tanaman serealia. Tanaman serealia yang banyak dimakan manusia diantaranya, padi, jagung, jelai, gandum dan gandum hitam.

Padi

Padi sebagai tanaman yang terhitung dalam kerabat Gramineae (rerumputan). Ciri-ciri morfologi tanaman padi dapat disebutkan sebagai benih dari spesies rumput Oryza sativa (beras Asia) atau Oryza glaberrima (beras Afrika).

Padi menjadi satu diantara tanaman budidaya yang paling penting dalam peradaban. Sebagai beberapa bijian sereal, padi ialah makanan dasar yang terbanyak dimakan untuk mayoritas komunitas manusia di dunia, khususnya di Asia dengan bermacam tipe tanaman padinya.

Gandum

Gandum adalah serealia dari kerabat Gramineae (Poaceae) yang terhitung salah satunya bahan makanan dasar selainnya beras. Ciri-ciri gandum adalah tanaman yang dari wilayah subtropis. Gandum menjadi satu diantara makanan dasar mayoritas warga Indonesia yang lebih dikenali dengan panggilan tepung terigu.

Jagung

Jagung atau dalam Bahasa Latin Zea mays L) adalah tanaman pangan dunia yang paling penting, selainnya padi dan gandum.

Tanaman jagung jadi sumber karbohidrat khusus di Amerika tengah dan Selatan. Disamping itu, jagung jadi alternative sumber pangan di Amerika Serikat. Warga banyak daerah di Indonesia (misalkan di Madura dan Nusa Tenggara) menonsumsi jagung sebagai pangan dasar.

Biji-Bijian

Beberapa bijian ialah tanaman pemroduksi beberapa bijian yang bisa jadi sumber energi khusus manusia. Tipe tanaman pangan ialah sumber energi yang bagus untuk badan karena memiliki kandungan bermacam gizi penting seperti protein, vitamin, mineral, karbohidrat, dan lemak sehat.

Beberapa bijian datang dari kerabat Fabaceae (Leguminosae), yang mencakup kacang kedelai, kacang tanah, kacang polong, dan sebagainya. Walau kualitas protein tidak sebagus dalam daging, karena kacang-kacangan biasanya kurang berkadar asam amino fundamental metionin yang ideal.

Tetapi, kebatasan ini bisa ditangani dengan konsumsi kacang-kacangan dan sereal bersama. Legum mainkan peranan penting dalam mekanisme pertanian, karena mereka bisa membenahi nitrogen atmosfer, yang menolong jaga kesuburan tanah.

Kacang Kedelai

Tanaman kedelai (Glycine max L.) satu diantara tipe tanaman polong-polongan yang dijadikan material dasar banyak makanan dari Asia Timur misalkan kecap, tahu, dan tempe. Bahkan juga di beberapa negara seperti Jepang dan Cina sudah jadikan kedelai sebagai salah satunya makanan yang nyaris dimakan oleh semua warganya.

Kedelai mempunyai nilai nutrisi yang cukup bermacam, salah satunya yakni lemak tidak jemu, protein, serat, kalsium, lechitin.


Kacang Tanah

Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) adalah tipe tanaman polong-polongan atau legum yang terhitung anggota suku Fabaceae yang diperbudidayakan, dan jadi kacang-kacangan ke-2 yang terpenting di Indonesia sesudah kedelai.

Tanaman Kacang tanah bisa digunakan sebagai pakan ternak, dan bijinya bisa dimakan dan digunakan untuk sumber protein nabati, minyak, dan sebagainya.


Kacang Polong

ercis atau kacang polong (Pisum sativum L.) dari suku polong-polongan atau Fabaceae ini sebagai tumbuhan pemroduksi sayur berbentuk biji warna hijau. Kacang polong kaya protein dan karbohidrat, dan cepat membuat kenyang saat dikonsumsi.

Akar dan umbi banyak dimakan di penjuru dunia. Tanaman umbi-umbian yang umum digunakan manusia salah satunya yakni mirip contoh umbi tangkai atau singkong, ubi akar, talas, wortel, dan kentang. Tetapi, secara umum tanaman ini rendah protein, vitamin dan mineral dibanding dengan tanaman sereal.

Ada banyak macam antara spesies dalam masalah ini – talas dan ubi mempunyai sampai 6% protein berkualitas baik, dan kentang sediakan beberapa vitamin dan mineral C. Diharap jika akar dan umbi akan mainkan peranan yang makin penting sebagai tanaman ketahanan pangan di 20 tahun di depan.


Singkong

Tanaman singkong atau Ketela pohon atau ubi tangkai (Manihot utilissima) sebagai perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya bisa digunakan sebagai makanan dasar pemroduksi karbohidrat dan daunnya sebagai sayur.

Umbi singkong memang kaya karbohidrat tetapi benar-benar miskin protein. Sumber protein yang baik malah ada di daun singkong karena memiliki kandungan asam amino metionina.

Ringkasan Dari keterangan yang disampaikan, dapatkah disebutkan jika tanaman pangan ialah semua tipe tumbuhan yang ada protein dan karbohidrat yang bisa dipakai untuk sumber energi untuk manusia. Tanaman pangan sebagai tanaman dasar manusia untuk dimakan dan jadi sumber energi.

Hingga secara umum tanaman pangan terhitung dalam salah satunya contoh tanaman satu musim atau yang sanggup hasilkan dalam kurun waktu satu musim saja.

Itu barusan serangkain tulisan yang berkaitan dengan beberapa macam tanaman pangan dan faedahnya selengkapnya. Mudah-mudahan lewat artikel ini menjadi rekomendasi dan menambahkan materi pengetahuan untuk seluruh pembaca sekaligus.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.