Ciri - Ciri Bunga Kamboja

Budidaya Bunga Kamboja Agar Cepat dan Lebat Bunganya

Bagikan

Budidaya Bunga Kamboja – Bunga kamboja atau yang mempunyai nama kece Adenium datang dari Afrika dan Asia barat yang populer bernama desert rose( mawar padang pasir).

Tanaman yang dari gurun pasir ini berkembang secara baik pada tempat kering dibanding media yang paling basah. Bunga kamboja bisa ditanamkan dengan 2 tata langkah yaitu stek pada tangkai dan tata langkah okulasi, hal tersebut sering dilakukan para pejual pohon kamboja fosil untuk membudidayakan tanaman bunga kamboja ini.

Dulu bunga kamboja sama dengan bunga makam karena memang di wilayah jawa, bunga ini tumbuh liar di dekat penyemayaman. Tetapi disaat ini bunga kamboja telah jadi prospect usaha yang menarik.

Kamboja anakan dapat dipandang 20 sampai 200 beberapa ribu di pasar hingga beberapa orang membudidayakan tipe tanaman ini.

Bunga kamboja banyak memiliki tipe warna diantaranya putih, kuning, orange, merah, dan kekuningan.

Bunga kamboja dapat diperbudidayakan dalam suatu hal pot yang dapat Kalian tempatkan di mana juga benar-benar khusus di pelataran rumah seperti hiasan.

Beberapa tata langkah Budidaya Bunga Kamboja berikut dapat Kalian langsung kerjakan buat Budidaya Bunga Kamboja.

Sistem Tanam Stek Tangkai Bunga Kamboja

Kamboja tertera tipe tanaman yang lebih menyukai sinar matahari dibanding ditaruh dalam ruangan tanpa sinar matahari langsung.

Bukan hanya itu ada beberapa Berkenaan yang perlu Kalian pikirkan dalam memisah bibit kamboja adalah warna dan tipe daun yaitu berdaun lancip dan berdaun bundar.

Buat memperoleh bibit yang bagus Kalian seharusnya membuntel akar- pangkal dengan kenakan polybag atau karung agar kesehatan batang- batangnya masih tetap terawat.

Berikut adalah langkah- cara tata langkah menanam kamboja dengan tata langkah stek tangkai:

Persiapkan tempat buat penanaman, setelah itu keduk lubang yang cukup dalam sampai 80 cm..

Basuh zone tanam hingga tidak ada sisa- tersisa bongkahan batu bata atau apa saja yang bisa merintangi perkembangan tanaman ini.

Tentukan induk kamboja yang ukuran besar, tua secara usia dan sehat atau tidak mempunyai cacat. Setelah itu potong tangkai kamboja dekat 20 cm.

Setelah itu diamkan hinggasatu minggu kemudian tempatkan pada tempat teduh yang lembab.

Buat tangkai sisi atas jika mempunyai daun yang banyak, buang daunnya dan meninggalkan 2 daun saja agar evaporasi berkurang ketika geprekekan dicoba.

Setelah batangnya dipotong, celup atau beri tersisa cedera karena potongan itu dengan obat perangsang pangkal yang berada di toko pertanian selekasnya bisa jadi buat menggairahkan tumbuhnya pangkal secara kilat.

Buat tempat tanam, pakai sekam bakar yang digabung dengan arang kemudian aduk sampai rata.

Tanaman yang sudah dipotong dapat ditanamkan pada pot dengan tempat tanam setelah 1 minggu buat menjauhi dari munculnya bakteri, jamur dan cendawa pada ujungnya yang belum lembut.

Setelah tangkai ditanamkan sampai siramlah tanaman sekedarnya yaitu 3x sehari karena tanaman ini tidak dapat terima banyak air buat menjauhi dari kebusukan tangkai tanaman agar proses pembikinan pangkal lebih kilat.

Saat kamboja ditanamkan, bebaskan pembungkus pangkal dan diamkan tanah yang melekat pada akar- akarnya agar bibit kamboja ini melatih diri hingga bunga kamboja bertahan hidup secara baik.

Berkenaan memiliki arti lainnya dalam budidaya Bunga Kamboja merupakan Kalian seharusnya memisah tipe tanah porus seperti tempat tanam bunga kamboja.

Karena tanah porus tidak gampang mempernyerap air hingga benar-benar pas buat bunga kamboja yang tidak benar-benar menyukai air.

Sistem Tanam Okulasi Budidaya Bunga Kamboja

Berikut adalah langkah- cara tata langkah menanam kamboja dengan tata langkah okulasi:

Mencari kamboja yang sehat dan memiliki tangkai yang besar. Potong mata tunas dengan pisau tajam.

Mencari tangkai sisi dasar pada tanaman yang tunasnya ingin ditempelkan, kemudian irislah seperti potongan mata tunas agar memiliki bentuk sama sesuai ketika lakukan penempelan.

Lekatkan mata tunas ke tangkai dasar dengan status mata tunas mengarah ke atas.

Ikatlah tanaman dengan kuat memakai tali plastik. Ingat-ingatlah ketika lakukan pengikatan, mata tunas jangan tertutup.

Setelah semua usai dan siap, tangkai dasar tanaman dipotong buat memesatkan perkembangan mata tunas.

Tempatkan tanaman ini di lokasi yang teduh, kering dan mempunyai putaran udara yang bagus.

Kalian harus lihat status mata tunas. Beberapa orang yang kebalik ketika penempelan mata tunas hingga tunas tidak akan tumbuh.

Cermat kembali disaat sebelum menempelkan mata tunas agar okulasi tanaman ini bisa terwujud sesuai keinginan Kalian.

Sistem Tanam Puasa Air

Tata langkah ini mempunyai tujuan buat merontokkan daun hingga menggairahkan tumbuhnya tunas baru yang diimbangi dengan timbulnya kuncup bunga.

Lewat tata langkah ini akan keluar bunga secara serentak, tanaman adenium akan aktif berbunga yaitu 3- 4 kali dalam satu tahun.

Tanaman adenium tidak harus disiram sepanjang satu minggu. Setelah puasa air sepanjang 1 minggu, tanaman disiram larutan pupuk NPK berkalium besar dengan perbedaan N- P- K: 10: 10: 55 atau 6: 30: 30.

Jumlah konsumsi pupuk harus sama sesuai saran dari pabrik pupuk yang digunakan. Setelah itu tanaman berpuasa kembali sepanjang satu minggu. Setelah itu, berikan kembali pupuk NPK berkalium besar.

Jika kuncup bunga belum keluar, tindakan puasa siram harus diulang terus sampai kuncup bunga muncul.

Umumnya setelah tata langkah puasa siram dicoba sekitar 2x, kuncup bunga telah akan muncul. Setelah itu Kalian cuman harus membuat perlindungan agar bunga bertahan lama.

Skema penyiraman dan pemupukan sangat berharga agar keperluan hara masih tetap tepenuhi.

Frekwensi penyiraman ini bisa dicoba dengan frekwensi dua hari sekali. Pemupukan dicoba sepanjang 1 minggu sekali dengan formasi NPK yang lain.

Jika minggu awal dengan pupuk besar N, minggu selanjutnya dipupuk berisi N yang rendah hingga tanaman adenium akan berbunga bagus dan daunnya sehat dan fresh.

Sistem Penanam Bunga Kamboja Dengan Biji

Disaat sebelum memperoleh biji dari bunga kamboja yang bagus dan sehat, lebih dulu Kalian wajib melakukan penyerbukan bikinan agar tanaman lebih kilat berbuah dan membuat biji yang siap buat ditanamkan.

Sebenarnya, proses penyerbukan ini dicoba dengan alami oleh dorongan angin yang bisa menerbangkan serbuk sari seperti organ kelamin jantan pada kepala putik sebagai organ kelamin wanita.

Bukan hanya hanya itu, tata langkah alami juga bisa dijajal oleh serangga yang beralih tempat bawa serbuk sari sampai ke kepala putik kamboja.

Tetapi ternyata tata langkah alami itu tidak cukup efisien karena angin belum pasti masih tetap muncul dan begitu halnya serangga yang belum pasti ada.

Oleh karenanya banyak yang kenakan tata langkah bikinan buat mengalihkan serbuk sari pada kepala putik.

Kalian bisa melakukannya dengan kenakan kuas kecil yang sapu lembut serbuk sari dan melekatkannya di atas kepala putik.

Buat penyeleksian tipe tanaman serbuk sari dan kepala putik seharusnya diputuskan dari tipe tanaman kamboja yang mempunyai raga baik, sehat, tumbuh kilat, dan yang memiliki arti benar-benar unggul.

Jika proses penyerbukan itu atau yang juga diucap dengan perkawinan di antara bunga kamboja sudah dicoba sampai Kalian bisa melihat adakah konversi baru yang muncul.

Jadi Kalian bisa melihat konversi itu pada wujud dan corak daun dan warna bunga yang bisa berbeda dari mulanya.

Buat bisa melihat peralihannya memakan waktu sampai proses tumbuh berkembang buah betul-betul masak.

Buah adenium mempunyai wujud seperti sundul yang berpolong dan ada biji biji baru yang akan tumbuh di dalam sundul itu.

Saat buah telah masak sampai sudah siap dipanen yang setelah itu diteruskan di proses penyemaian sampai pada penanaman dan usai pada perawatan bunga kamboja.

Buat buah kamboja yang telah masak sampai akan mempunyai raga kulit yang jadi kering serta lebih terbuka pas pada bagian atas polong yang memanjang.

Saat disaksikan Kalian akan tahu bila biji biji yang ada di dalamnya masih bersatu bertepatan bulu-bulu bulu lembut yang yaitu perlengkapan terbangnya.

Jika biji biji itu dibikin bersih sampai wujud fisiknya yang memanjang itu mempunyai ujung yang datar.

Tidak semua biji yang dibuat mempunyai kualitas tumbuh yang bagus oleh karenanya perlu lakukan proses penyemaian lebih dulu.

Proses Penyemaian Biji

Proses penyemaian buat memisah di antara biji bunga kamboja yang bisa tumbuh secara baik dan perubahan nanti benar-benar kilat dengan biji bunga kamboja yang tidak bisa tumbuh dengan prima.

Tata langkah penyemaian bisa dicoba seperti berikut ini:

Awal persiapkan tempat bersih buat tempat penyemaian.

Pakai air yang bersih buat proses perendaman biji. Kemudian tambahkan air itu di dalam tempat penyemaian.

Setelah itu masukan biji- biji bunga kamboja ke tempat penyemaian yang sudah berisi air.

Rendamlah biji lebih dulu pada air yang mempunyai kedalaman 10 menit.

Jika biji terlihat mengapung dan kelihatan benar-benar kopong atau memiliki arti kosong dan tidak berisi sampai buang dan tidak boleh dipakai. Kalian bisa memisah kenakan biji yang terbenam yang maknanya biji itu berkualitas dan akan tumbuh secara baik.

Proses Penanaman Biji

Awal, persiapkan media yang akan dipakai yaitu cocopeat dan sekam bakar yang kenakan perbedaan 1: 1. Setelah itu masukan tempat tanam itu ke pot.

Jika tidak ada tempat tanam seperti cocopeat, bisa ditukar dengan kenakan serutan kayu yang lebih lembut atau dapat menggantinya dengan kenakan sekam bakar.

Setelah pot berisi dengan tempat tanam dengan dimensiĀ¾ sampai biji biji bisa ditempatkan dengan status terbujur. Jarak yang dipakai yaitu lebih kurang 1 cm.

Kalian bisa kenakan pot yang mempunyai ukuran diameter 20 dan pada sebuah pot itu bisa berisi 100- 150 biji kamboja.

Proses Penaburan Biji

Setelah itu Kalian bisa menaburkan biji pada tempat tanam dan diupayakan agar biji tidak benar-benar dalam tenggelam dalam tempat tanam.

Setelah itu kerjakan penyemprotan air bersih dengan kenakan spray lembut. Kemudian tutuplah benih bibit pada tempat tanam dengan kenakan plastik yang terbuka dan tempatkan pada lokasi yang teduh.

Berkenaan itu disebabkan pada ketika penyemaian ini, biji tidak bisa terserang cahaya matahari langsung.

Setelah itu semprot kembali sama air dikit demi sedikit kemudian nantikan sampai umur biji capai satu minggu dan ketika seperti itu biji akan beralih menjadi kecambah.

Lihat Perkembangan Bibit

Biji bunga kamboja yang sudah ditanamkan akan tumbuh dengan batangnya yang kecil tetapi telah menunjukkan susunannya yang berbonggol.

Daun sebenarnya juga mulai berkembang beberapa lembar. Jika sudah seperti ini, dapat dipindah pada tempat

Setelah berusia dua bulan, biji bunga kamboja yang sudah ditabur akan tumbuh dengan batangnya yang kecil tetapi telah menunjukkan susunannya yang berbonggol.

Daun sebenarnya juga mulai berkembang beberapa lembar. Jika sudah seperti ini, dapat dipindah pada tempat polybag atau pot memiliki ukuran semakin besar.

Jika daun mulai tumbuh sampai penutup plastik yang awalnya bisa dilepaskan, tetapi tanaman masih tetap ditempatkan pada lokasi yang teduh setelah itu tidak boleh kurang ingat buat menyiraminya dengan kenakan spray.

Saat umurnya telah capai dua bulan sampai jumlah daun akan muncul dekat 6- 8 lembar dan ketika seperti itu Kalian bisa mengalihkan tanaman ke polibag yang memiliki ukuran kecil.

atau dapat dengan kenakan gelas plastik tersisa air mineral dengan kenakan formasi tempat tanam pasir malang dan sekam bakar dan perbandingannya adalah 1: 1.

Begitu pembahasan budidaya bunga kamboja , yang bisa diterangkan dengan singkat dan terinci, semoga berguna untuk anda yang membacanya, selamat mempraktikkan mudah-mudahan sukses dan terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.