Budidaya Tanaman Japanese Red Maple

Cara Budidaya Tanaman Japanese Red Maple yang Baik dan Benar

Bagikan

Budidaya Tanaman Japanese Red Maple – Red maple atau mapel merah sebagai salah satunya tipe dari tanaman mapel. Tanaman ini lebih banyak tumbuh di wilayah Amerika sisi utara. Tanaman ini sebagai salah satunya tipe tanaman mapel yang terbanyak diketemukan di wilayah itu.

Keunikan dari tanaman ini yakni daunnya yang warna cantik kemerahan. Bahkan juga, beberapa bagian lain dari tanaman ini yakni bunganya, tangkai, dan bijinya warna kemerahan.

Tanaman red maple dapat bertahan hidup secara baik di beberapa tempat tumbuhnya, terhitung di tanah yang paling kering, di rawa-rawa, dan sebagainya. Sebetulnya, tanaman red maple bisa juga tumbuh secara baik di wilayah tropis, termasuk di Indonesia. Getah dari tanaman red maple banyak digunakan untuk bahan pembikinan sirup manis. Salah satunya yang populer yakni red maple. Ada pula langkah menanam bunga telang.

Cara Menanam Biji Tanaman Japanese Red Maple

Tanaman mapel merah memang sedikit susah ditanamkan, tetapi langkah menanam pohon maple di Indonesia masih tetap dapat dilaksanakan. Untuk dapat pahami langkah menanam biji red maple, baca rincian berikut ini:

  • Benih maple yang cuman didiamkan demikian saja di tanah akan memerlukan waktu sekian tahun untuk dapat berkecambah. Karena itu, menanam biji maple akan memerlukan kontribusi manusia
  • Kikis sisi cangkang maple yang keras atau cangkang benihnya. Ini dapat dilaksanakan dengan menggesek sisi pangkal benih ke benda tajam atau mungkin dengan memendam benih di air hangat sepanjang 24 jam lebih dulu
  • Taruh benih red maple di ruang yang hangat, ,yakni sekitaran 20 sampai 30 derajat Celcius.
  • Alihkan benih-benih red maple ke kantong plastik yang dapat dibuka-tutup. Isi lebih dulu kantong plastik itu memakai tempat tanam berbentuk gambut atau tempat tanam yang lain.
  • Simpan benih dalam kantong ini, lalu simpan kantong benih dalam almari es.
  • Check benih yang ditempatkan dalam almari es sekitar dua minggu sekali. Jauhi ada lumut atau pengeringan. Tunggu hingga benih tanaman tumbuh dan berkecambah. Umumnya, tanaman ini memakan waktu sekitaran 180 hari untuk dapat berkecambah.
  • Benih yang telah berkecambah dapat ditanamkan di pot atau di luar ruang bila temperatur udara cukup hangat dalam tanah yang cukup lembap
  • Kecambah red maple ditanamkan pada kedalaman 0,6 sampai 2,5 cm di permukaan tanah
  • Jangan dibiarkan tempat tanam red maple jadi kering. Kerjakan penyiraman secara baik dan cukup supaya tanaman memperoleh gizi yang dibutuhkan dengan cukup. Baca tipe tanah yang pas untuk holtikultura
  • Sepanjang tanah sebagai tempat tanam red maple tidak jadi kering, tanaman maple tidak begitu memerlukan perawatan tambahan. Kemungkinan berlainan dengan tipe tanah yang pas untuk tanam durian.
  • Seharusnya, tanaman red maple ditanamkan di wilayah yang terserang cahaya matahari atau sedikit berbayang. Bila terus menerus kekurangan cahaya matahari, karena itu tanaman red maple akan susah saat perkembangannya
  • Seharusnya Anda tidak mengganggu persemaian yang dibikin. Terkadang saat menyemai benih red maple akan tidak berhasil tumbuh dibanding dengan benih yang lain.

Tetapi, kadang benih yang tidak berhasil berkecambah ini bisa saja ada di tahun selanjutnya. Memang ini jarang-jarang, tetapi seharusnya Anda sabar menanti dan masih tetap mengawasi perubahan benihnya, nah itu dia artikel mengenai Budidaya Tanaman Japanese Red Maple untuk pemula semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.