Cara Menanam Bawang Putih

Cara Menanam Bawang Putih Dan Perawatanya Agar Cepat Tumbuh

Bagikan

Cara Menanam Bawang Putih – Tanaman bawang putih yang memiliki nama latin Allium sativum ini sebagai tanaman yang banyak memiliki keinginan dipasaran karena banyak sekali manfaat dari tanaman yang ini, tidak cuma sebagai bahan bumbu dapur, tapi dapat digunakan sebagai tanaman obat seperti penyakit darah tinggi, jerawat, reumatik dan sebagainya.

Bawang putih sebagai salah satunya bumbu dapur untuk beragam masakan yang tak pernah ketinggal, rasa renyah dan harum bisa membuat nilai plus khususnya enaknya beragam makanan.

Keperluan bawang putih yang tinggi bukan hanya dipasaran indonesia tapi juga keinginan yang tinggi juga di luar negeri karena jumlahnya manfaat dan manfaat dari bawang putih ini, keinginan yang tinggi tidak disokong dengan kehadiran bawang putih yang banyak.

Banyak petani yang malas membudidayakan tanaman bawang putih ini karena berkesan susah untuk diperbudidayakan, sebetulnya bawang putih tidak demikian susah saat pembudidayaan nya, namun perlu kecermatan lebih dalam tiap preses nya, dimulai dari penanaman sampai periode pemanenan.

Berikut Cara Menanam Bawang Putih

Cara Menanam Bawang Putih

Bawang putih bisa tumbuh dengan maksimal dengan cuaca yang kering dengan temperatur 14 – 22 derajat celcius dengan curahan hujan 1000 – 2000/ tahun. pembudidayaan bawang putih seharusnya dilaksanakan pada daratan tinggi yakni sekitaran 1000 – 2000 mtr. di permukaan laut.

Penyiapan Media Tanam

Penyiapan Media Tanam Bawang putih bisa tumbuh secara baik pada keadaan tanah yang berlempung atau berpasir enteng, tanaman bawang putih menginginkan tanah yang subur, gembur dan banyak memiliki nilai nutrisi. bawang putih menginginkan drainase tanah yang bagus.

Lihat keasaman tanah yang bagus untuk perkembangan bawang putih, yakni dengan Ph 5 – 7. bila keasaman tanah belum penuhi persyaratan karena itu dilaksanakan pekapuran pertanian dengan cara menambah domolite.

Bibit Bawang Putih

Bibit Bawang Putih Pembudidayaan bawang putih yang bagus dilaksanakan memakai sistem vegetatif memakai umbi bawang putih, umbi yang hendak jadi bibit harus datang dari tanaman normal, berkualitas tinggi, sehat dan bebas dari berbagai penyakit.

Penyiapan Tempat Bawang Putih

Penyiapan Tempat Bawang Putih Pembudidayaan tanaman bawang putih membutuhkan tanah yang subur, karena itu dibutuhkan pemrosesan tempat saat sebelum dilaksanakan penanaman bawang putih.

Pemrosesan tempat diawali dengan bajak atau mencangkul tempat dan bersihkan tempat dari tersisa tanaman dan gulma, kemudian tempat didiamkan sepanjang dua minggu saat sebelum dilaksanakan penbajakan kelanjutan.

Bila tingkat keasaman tanah kurang karena itu dilaksanakan pekapuran untuk menolong tambahan keasaman tanah yang pas untuk perkembangan tanaman bawang putih selanjutnya diratakan memakai cangkul

Ph yang pas untuk tanaman bawang putih ini Ph 5- 7, seterusnya dibikin bilikan dan aliran air dan pupuk dasar memakai pupuk alami.

Bikinlah bilikan dengan lebar sekitaran 90 cm dengan tinggi 60 cm dan panjang sesuaikan tempat, Untuk aliran air dibikin dengan kedalaman 40 cm. kemudian tempat didiamkan sepanjang dua minggu saat sebelum periode tanam.

Penanaman Bawang Putih

Penanaman Bawang Putih Saat sebelum ditanamkan seharusnya umbi bawang putih jadi siung kecil, umumnya umbi yang kecil ada pada tengah bawang putih, selanjut nya tanam umbi bawang putih dengan kedalaman yang, tidak boleh menanam terlampau dalam karena bisa menyebabkan pembusukan tanaman dan perkembangan yang lamban.

Menanam umbi bawang putih terlampau dangkal tidak bagus karena bisa membuat umbi gampang ambruk, menanam umbi bawang putih seharusnya tidak kebalik karena perkembangannya tidak optimal. penanaman bawang putih umumnya memakai jarak tanam 15 cm x 10 cm dan 15 cm dan 20 cm.

Pemupukan Bawang Putih

Pemupukan Bawang Putih Pemupukan dasar dilaksanakan bertepatan dengan periode pemrosesan tempat, pemupukan dilaksanakan dengan cara ditebarkan di atas tempat selanjutnya dicangkul dan diratakan.

Pupuk yang diberi bisa berbentuk pupuk kandang, atau kompos, urea, STP, dan ZK, pemberian pupuk kandang 20 ton/ hektar urea 200 kg/ hektar STP 130 kg/hektar dan ZK 200 kg/hektar

Pemupukan kelanjutan dilaksanakan di saat tanaman bawang putih berusia 15 sesudah tanam, pemupukan selanjut nya di saat tanaman berusia 35 hari sesudah periode tanam.

Perawatan Bawang Putih

Perawatan Bawang Putih Perawatan bawang putih pada intinya hampir serupa dengan tanaman sayur yang lain yakni penyulaman, penyiangan dan mengairan.

Penyulaman

Penyulaman dilaksanakan dengan arah untuk menukar tanaman yang mati atau tumbuh selanjutnya mati dan tumbuh dengan tidak bagus, penyulaman dilaksanakan sedini kemungkinan untuk perkembangan bawang putih yang rata atau satu minggu sesudah periode ditanamkan di mana umbi telah kelihatan perkembangannya.

Penyiangan

Penyiangan umumnya dilaksanakan 2x dalam pembudidayaan tanaman bawang putih dan dapat semakin bila gulma tumbuh dengan menghebat, penyiangan dilaksanakan dengan mengambil tanaman gulma yang ada di sekitar tanaman bawang putih, penyiangan bisa dilaksanakan dua minggu sesudah tanaman dan empat minggu sesudah tanam.

Penyiraman

Pengairan tanaman bawang putih dilaksanakan dengan teratur pada sore dan pagi hari, dan sesudah tumbuh dengan subur pengairan bisa dikurangkan dua hari sekali bergantung keadaan dan cuaca, dan mendekati musim panen. tidak perlu dilaksanakan penyiraman kembali, ini mempunyai tujuan untuk menahan pembusukan umbi bawang putih.

Pemanenan Bawang Putih

Pemanenan Bawang Putih Umumnya bawang putih dapat dipanen saat berusia tiga bulan dari periode tanam, pemanenan dilaksanakan dengan mengambil sampai umbi keluar dalam tanah, tanaman bawah putih mempunyai ciri-ciri bila siap dipanen yakni warna daunnya yang menguning dan kelihatan layu lebih dari 60 %, sesudah dipanen selanjutnya jemur bawang putih sampai jadi kering, penjemuran dilaksanakan sekitaran dua minggu, sesudah bawang putih jadi kering baru bawang putih siap diletakkan dan ditawarkan.

Nah itu dia Pembahasan kami mengenai cara menanam bawang putih dan perawatanya semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.