Cara Menanam Kacang Kapri

Cara Menanam Kacang Kapri Serta Penanaman Kacang Kepri yang Benar

Bagikan

Cara Menanam Kacang Kapri – Kacang kapri atau Pisum sativum. L sebagai sayur- mayur yang termasuk dalam tipe kacang- kacangan, tanaman satu musim yang seperti semak ini tingginya dapat capai 2 cm.

Tumbuhan kapri tumbuh secara baik di daratan besar, tumbuh menjalar hingga membutuhkan penunjang dalam budidayanya, ada 2 type kacang kapri. Type yang awal berbiji pipih( snow pea) type ini terkenal di Indonesia. Type ke-2 adalah yang berbiji bundar dikenali bernama snap pea.

Buah ini dipanen saat masih terbilang muda, hingga bijinya masih berupa gepeng dan lunak karena belum berkembang secara utuh. Kacang kapri biasa jadi pernak- pernik capcay, nasi goreng dan beragam sayur- mayur lainnya, kapri atau kacang kapri( Pisum sativum L. ssp. sativum, suku kacang- kacangan atau Fabaceae) adalah semacam tumbuhan sayur yang gampang dijumpai di pasar- pasar tradisionil Indonesia.

Kapri tertera dalam kelompok sayur buah, maknanya buahnya yang dikonsumsi seperti sayur dan tidak dikelompokkan seperti buah- buahan, seperti juga tomat atau cabe, buah ini, yang bertipe polong( legume), dipanen saat masih terbilang muda dan bijinya belum berkembang penuh, hingga berupa gepeng dan masih lunak. Jika benar-benar tua dipanen polong kapri memiliki serat tebal dan tidak nyaman kembali buat dikonsumsi.

Kapri masih satu tipe dengan ercis( kadang- terkadang digabungadukkan) dan tertera salah satunya sayur- mayur yang paling awal dikonsumsi manusia.

Ada beberapa realita budidaya di daerah tepian Thailand dan Myanmar 12 ribu tahun yang kemudian, tumbuhan kapri, yang tumbuh baik di daratan besar, tumbuh menjalar hingga membutuhkan penunjang dalam budidayanya. Di Indonesia dia umumnya didukung dengan tongkat- tongkat tipis dari bambu.

Hal yang Harus di Perhatikan Agar Pohon Kacang Bisa Hidup

Cuaca

Tanaman kacang kapri yaitu salah satunya tipe tanaman yang dapat berkembang di 2 udara, yaitu tropis atau sub tropis.

Tetapi, semakin banyak orang yang membudidayakan tanaman ini di daerah yang mempunyai udara sub tropis. Disebabkan, tanaman ini lebih menyukai dengan udara yang disertai dengan suhu yang cukup dingin.

Temperatur Suhu

Tanaman yang namanya kacang kapri ini lebih menyukai dengan suhu yang lebih dingin hingga tanaman ini dapat berkembang secara baik.

Umumnya suhu dingin akan membuat proses pembuahannya dapat berjalan baik dibanding kalian menanam tanaman ini di suhu yang seperti periode semi.

Berkenaan ini juga seperti kalian menanam tanaman dengan suhu tanah yang hangat.

Dalam Berkenaan ini, suhu yang terbaik buat menanam tanaman ini adalah suhu yang dapat dikisaran seperti 13- 18 derajat celcius, ini adalah suhu buat perkembangannya.

Nach, jika tanaman ini ditanamkan pada udara temperaturnya capai 29 derajat celcius atau bisa menjadi lebih dari itu, sampai perkembangannya akan menjadi lebih susah.

Kelembapan

Harus dipahami oleh kalian jika tipe tanaman yang ini lebih menyukai dengan kelembapan yang cuman capai sekitar 70% sampai 91%.

Sebaliknya buat kelembapan tanahnya, di mana kacang kapri tidak terlatih ditanamkan pada tanah yang lembab.

Akan tapi, tanaman ini membutuhkan air atau mineral hingga perkembangannya dapat berjalan baik dan dapat hasilkan buah yang bagus juga.

Curahan Hujan

Telah diuraikan di atas, jika tanaman ini tidak menyukai dengan tanah yang lembab, tetapi membutuhkan air yang sekedarnya.

Tanaman kacang kapri ini bisa berkembang dengan curahan hujan yang cuman ditaksirkan sekitar 750 sampai s/d 1. 200 mm pada sebuah tahunnya.

Umumnya, curahan hujan yang sudah melewati 1. 500 atau 2. 000 mm /tahunnya, sampai akan membuat tanaman ini tidak dapat prima pada proses perkembangannya.

Keadaan Tanah

Tertarik buat menanam tanaman yang serba hijau ini? Sampai coba buat melihat keadaan tanah yang akan ditaruh oleh tanaman ini.

Secara umum, keadaan tanah dapat memengaruhi proses perkembangan dari tanaman kacang kapri ini. Sudah pasti perkembangan yang bagus akan menjadi lebih baik di tanam pada keadaan yang pas dan pas dengan tanaman ini juga.

Biasanya, tanaman ini lebih menyukai dengan kondsi tanah yang gembur. Dan, di tanah gembur itu kalian bisa mencangkul buat kedalaman tanahnya, lebih kurang capai 25 cm buat tanaman ini.

Bukan hanya itu, kalian juga bisa memberi pelubangan di tanah itu sama ukuran yang dapat diprediksi capai 10 cm.

Bukan hanya hanya itu, tanaman yang ini juga menyukai dengan tanah yang produktif dan memiliki pupuk kompos.

Berkenaan ini mempunyai tujuan agar tanaman ini dapat berkembang secara baik, karena ini juga akan jadi suatu hal alibi dari perkembangan yang bagus atau tidak. Sebaliknya buat keasaman tanah ini dapat capai sekitar pH 5. 5 sampai s/d 6. 5.

Ketinggian Tempat

Menanam tanaman ini bukanlah jadi suatu hal yang gampang, dalam Berkenaan ini kalian juga harus cari suatu hal tempat atau wilayah dengan ketinggian yang pas buat tanaman kacang kapri ini.

Kalian dapat menanamnya pada sebuah tempat dengan ketinggian yang capai sekitar 700 sampai s/d 1. 500 mdpl.

Karena ada ketinggian yang sudah disebut barusan, Berkenaan ini akan membuat tanaman kacang kapri dapat hasilkan buah yang bagus.

Lihatlah Berkenaan ini karena ketinggian tempat dapat memengaruhi proses perkembangannya.

Cara Menanam Kacang Kapri

Cara Menanam Kacang Kapri
Cara Menanam Kacang Kapri

Penyiapan Benih

Benih kacang kapri bisa didapat dengan membeli di toko pertanian atau kalian bisa menyiapkannya sendiri. Memisah tanaman yang sehat dan produktif buat diambil polongnya seperti benih.

Polong yang diambil adalah polong yang sudah tua yaitu berusia dekat 3 sampai empat bulan, setelah polong didapat mengeluarkan biji dari polong setelah itu jemur sepanjang tiga hari sampai isi air di dalamnya jadi 10- 15%.

Jika belum akan ditanamkan sampai biji benih bisa di taruh. Di dalam 1 hektar tempat diperlukan dekat 30 kg biji benih.

Penyiapan Tempat Tanam

Tempat yang akan dipakai buat menanam kacang kapri, dibikin bersih dulu dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya.

Setelah itu, gemburkan tanah pada tempat tanam dengan tata langkah dicangkul atau dibajak sedalan 30 cm kemudian ratakan.

Bikinlah bilikan sama ukuran lebar dekat 80 cm, besar dekat 30 cm dan panjang bisa disamakan dengan tempat tanam.

Jarak antara bilikan yaitu dekat 20 sampai 30 cm, Berkenaan ini juga ditujukan seperti parit.

Jika tanah pada tempat kurang dari 5, 5 sampai perlu dicoba pekapuran. Pekapuran ini dicoba dekat dua minggu disaat sebelum tanam.

Kerjakan pemupukan dasar pada tempat tanam kenakan pupuk kandang atau pupuk kompos, buat dekat 1 hektar tempat diperlukan dekat 10- 15 ton pupuk.

Pupuk itu dibberikan dengan tata langkah disebarkan secara rata pada tempat atau bilikan. Pemupukan ini dicoba dekat 2 sampai tiga minggu disaat sebelum tanam.

Penanaman Tanaman Kapri

Waktu penanaman yang bagus buat kacang kapri adalah di akhir periode penghujan yaitu di bulan Maret sampai April.

Kacang kapri bisa ditanamkan langsung tanpa lewat persemaian, tetapi awalnya biji benih dipendam dalamn air lebih dulu agar lebih memesatkan perkecambahan.

Setelah itu, tanam biji benih dalam lubang tanam yang dibikin dengan tata langkah ditugal dengan kedalaman dekat 2, 5 sampai 5 cm, jarak antara lubang adalah dekat 15- 20 cm dan jarak

lubang tanam antara baris adalah dekat 50 cm. Setiap lubang tanam diisi dekat 2 buah benih, setelah itu timbun kembali dengan tanah. Umumnya 5 hari setelah tanam, buiji benih mulai berkembang.

Bertepatan dengan penanaman kerjakan juga pemupukan dengan kombinasi di antara pupuk Urea, TSP, dan KCl.

Pupuk itu diberi dengan tata langkah menempatkannya dalam lubang yang dibikin dengan car ditugal dalam jarak dekat 5 cm dari lubang tanam.

Pemanenan Kacang Kapri

Kacang kapri dapat mulai dipanen setelah berusia dekat 60 hari. Pemanenan itu bisa dicoba setiap tiga hari sekali setelah panen awal sampai tanaman tidak dapatberbuah kembali.

Perawatan Tanaman Kacang Kapri

Penyiangan

Kerjakan penyiangan sekitar 2x yaitu pada ketika tanaman bertumur tiga minggu dan ketika tanaman berusia 6 minggu. Penyiangan itu bisa dicoba dengan tangan atau juga dapat dengan kenakan kored.

Penggemburan Dan Pembubunan

Penggemburan tanah dicoba agar udara dan air tanah bisa menyebar dengan mudah. Bertepatan dengan penggemburan kerjakan juga pembubuna agar pangkal yang tumbuh tidak muncul ke atas.

Pemupukan

Kerjakan pemberian pupuk daun pada ketika tanaman berusia dekat 20 sampai 30 hari setelah tanam.

Setelah tanaman berusia dekat tiga minggu, kerjakan pemupukan dengan pupuk Urea dengan tata langkah ditabur pada larikan setelah itu ditutup kembali dengan tanah.

Penyiraman

Jika tidak turun hujan sampai penyiraman bisa dicoba setiap hari, tetapi janganlah sampai air menggenang.

Penempatan turus atau ajir

Tanaman yang sudah berusia tiga minggu dikasih media rambat atau diucap dengan turus atau ajir yang dibuat dari katu atau bilah bambu memiliki ukuran panjang dekat 150 cm.

Pemotongan

Agar tanaman semakin banyak mempunyai buah, sampai perlu dicoba pemotongan. Pemotongan itu dicoba sekitar 2x yaitu ketika tanaman berusia tiga minggu bdan berusia 5 minggu.

Itulah Pembahasan kami mengenai cara menanam Kacang Kapri, semoga berguna untuk anda yang membacanya, selamat mempraktikkan mudah-mudahan sukses dan terima kasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.