Cara Menanam Kedondong

Cara Menanam Kedondong Dan Perawatannya Agar Cepat Berbuah

Bagikan

Cara Menanam Kedondong – Kedondong yaitu salah satunya tanaman buah yang termasuk ke suku mangga- manggaan( Anacardiaceae).

Kedondong ini juga yaitu suatu hal tanaman buah yang secara umum banyak ada di semua wilayah tropis dan tertera di dalam angiospermae.

Kedondong( Spondias dulcis Parkinson) yaitu satu tanaman buah berbentuk tanaman dan mempunyai daging buahnya dengan rasa yang manis, sedikit asam, daging buah yang tebal, gurih, berbiji kecil dan tidak memiliki banyak serat.

Kedondong yaitu tanaman buah berbentuk tanaman yang dengan bahasa inggris diucap ambarella, otaheite apple, atau great hog plum.

Kembali di Asia Tenggara diucap: kedondong( Indonesia& Malaysia), hevi( Filipina), gway( Myanmar), mokah( Kamboja), kook kvaan( Laos), makak farang( Thailand), dan coc( Vietnam).

Kedondong datang dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Tanaman ini sudah menyebar ke semua wilayah tropik.

Tanaman kedondong banyak ditanamkan di negara- negeri Asia Tenggara. Salah satunya negara yang menjadi sentral penanaman kedondong adalah Filipina yang mempunyai satu tipe kedondong unggul yaitu tipe Spondias purpurea L.

Di Indonesia wilayah pemroduksi kedondong salah satunya diantaranya adalah Karimunjawa( Jepara, Jawa tengah).

Buah kedondong ini bisa langsung dimakan pada keadaan fresh dan bisa dibuat menjadi rujak, asinan, manisan dan bisa menjadi selai.

Tumbuhan ini juga bisa penuhi keperluan vit C dan mineral. Isi vit C pada buah kedondong kira- anggap 30 mg. Daun kedondong juga memiliki senyawa flavonoid, saponin, alkaloid, dan tannin yang berperanan seperti anti-oksidan.

Cara Berkembang Tumbuhan Kedondong

Menanam kedondong sangat gampang, karena kedondong bsa tumbuh di semua tempat dengan tanah mulai lempung sampai berpasir asal mempunyai faktor hara yang memenuhi, mempunyai curahan hujan kembali, cahaya matahario 80%, dan mempunyai suhu udara dekat 20°C- 32°C.

Tanaman ini masih tetap bisa tumbuh di tanah di wilayah batu kapur atau tanah berpasir yang asam asal mekanisme pengairannya baik dan mudah.

Tanah yang pas buat ditanam tanaman kedondong adalah tanah yang porous, gembur, dan kaya akan humus. Derajat keasaman( pH) tanah yang sesuai karakter tanaman kedondong sekitar di antara 5, 5- 6, 2.

Tanah berisi air tanah sepanjang 50- 200 cm lebih dicintai oleh tanaman kedondong agar hasil panennya dapat berlimpah.

Tanaman kedondong bisa tumbuh secara baik di wilayah tropis. Curahan hujan yang diperlukan oleh tanaman kedondong sekitar di antara 1. 000- 1. 500 mm /tahun.

Tanaman ini memiliki cabang yang ringkih dan gampang patah hingga kecepatan rata- rata anginnya jangan benar-benar kuat.

Tanaman kedondong bisa tumbuh secara baik di wilayah daratan rendah dengan ketinggian 0- 650 mdpl.

Dareah ini akan bagi kelonggaran buat tanaman kedondong buat terima intensif pencahayaan matahari sekitar 40 % karena tanaman ini memerlukan sinar matahari sepanjang periode perkembangannya.

Suhu udara yang pas buat zone tanaman kedondong sekitar di antara 30- 400C, sebaliknya kelembapan udara yang pas buat zone tanaman kedondong sekitar di antara 14- 20 %.

Ini akan menolong tanaman kedondong buat masih tetap berdiri dengan tegak.

Cara Menanam Kedondong

Cara Menanam Kedondong
Cara Menanam Kedondong

Penyiapan Tempat dan Media Tanam

Tempat tanam yang dipakai buat menanam kedondong bisa berbentuk polybag atau pot tanam memiliki ukuran besar berdiameter dekat 50 cm dan besar dekat 50 cm.

Bahan tempat tanam yang penting dipersiapkan adalah tanah dan bokashi dengan perbedaan dekat 1: 1.

Seterusnya campur ke-2 bahan tempat tanam itu digabung dengan Furadan 3g yaitu insektisida buat menjauhi dari hama tanah kemudian campur semuanya sampai tercampur rata.

Penyiapan Bibit Kedondong

Menanam kedondong bisa lewat biji( generatif) atau lewat stek, cangkok, dan ikat puncak( vegetatif).

Tetapi diberikan kenakan bibit dondong lewat stek, cangkok atau ikat puncak karena lebih kilat berbuah serta lebih sama dengan tanaman induk. Memisah bibit yanh sehat atau terlepas dari hama penyakit.

Penanaman Kedondong Dalam Pot/ Polybag

Setelah semuanya siap, segera kerjakan penanaman. Masukan tempat tanam di dalam pot/ polybag tanam dengan tinggi 25 cm kemudian siram sampai basah rata, setelah itu masukan bibit kedondong dan mengatur akarnya sampai menebar rata.

Setelah itu, masukan kembali tempat tanam kemudian kerjakan penyiraman secara rata. Jika sudah, pasang judul dan ikat dengan kenakan tali agar tanaman tidak bergerak.

Pemanenan Kedondong

Kedondong bisa dipanen setelah berusia 1- 1, lima tahun setelah tanam. Ciri-ciri buah kedondong yang siap panen yaitu warna kulit buahnya telah hijau tua dan telah beraroma wangi.

Perawatan Tanaman Kedondong

Perawatan Tanaman Kedondong
Perawatan Tanaman Kedondong

Penyiraman

Kerjakan penyiraman secara teratur pada sore dan pagi hari pada tanaman kedondong yang baru ditaman. Jika tanaman kedondong telah tumbuh secara baik, penyiraman bisa dicoba dua hari sekali dan jika mulai besar dapat dicoba penyiraman setiap 4- 6 hari sekali dengan melihat keadaan tanah.

Penyulaman

Jika ada tanaman yang mati atau perkembangannya buruk sampai segera kerjakan penyulaman dengan menggantinya dengan bibit yang baru agar tanaman tumbuh serentak.

Penyiangan

Kerjakan penyianagna pada gulma yang tumbuh di sekitar tanaman kedondong dalam pot. Penyiangan ini bisa dicoba setiap dua minggu sekali.

Pemupukan

Kerjakan pemupukan awal pada tanaman kedondong ketika tanaman kedondong berusia dua minggu dengan kenakan pupuk berisi nitrogen besar seperti urea dan NPK atau pupuk cair dengan jumlah dekat 20 gr atau 1 sdm.

Pupuk itu ditebar di sekitar tangkai tanaman kedondong kemudian kerjakan penyiraman sampai pupuk terlarut.

Pemupukan selanjutnya dicoba ketika tanaman kedondong berusia 1 bulan, dua bulan, empat bulan, delapan bulan dan sebagainya.

Pemupukan itu ditambah lagi pupuk bokashi setiap kali pemupukan dicoba dengan jumlah disamakan dengan umuer tanaman kedondong dan tidak boleh kurang ingat setiap setelah pemupukan kerjakan penyiraman sampai pupuk terlarut dan menyerap dalam tanah.

Begitu pembahasan cara menanam kedondong dan merawatnya , semoga berguna untuk anda yang membacanya, selamat mempraktikkan mudah-mudahan sukses dan terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.