Gambar Pohon Kelor Africa Moringa

Cara Menanam Pohon Kelor Moringa oleifera

Bagikan

Cara menanam pohon kelor. Tanaman bernama lain Merunggai atau bahasa ilmiahnya Moringa oleifera ini ialah tipe tanaman dari suku Moringaceae. Tanaman kelor ini bisa tumbuh dengan tinggi 7-11 mtr.. Untuk wujud daun tanaman ini ialah bundar telur dengan mempunyai ukuran yang kecil tersusun majemuk pada sebuah batang pohon.

Manfaat dari daun ini dapat dipakai untuk sayur dan beberapa obat. Bunganya warna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunga warna hijau. Bunga kelor keluar selama setahun dan wewangiannya menebar merebak. Buah kelor memiliki bentuk segitiga memanjang, atau kerap disebutkan dengan kelentang. Buah ini bisa juga dibikin untuk sayur.

Cara Menanam Pohon Kelor
Gambar Pohon Kelor Africa Moringa

Tanaman kelor di Indonesia biasanya dikenali dengan tanaman mistik dan biasa dipakai dalam aktivitas supranatural. Akan tetapi daun kelor banyak memiliki manfaat untuk kesehatan badan manusia. Daun kelor ini terbukti secara medis bisa mengobati beberapa penyakit, seperti jantung, kanker, diabetes, rematik, alergi, dan kegemukan. Beragam manfaat yang didapatkan tidak terlepas dari kandungan yang ada dari tanaman ini. Yakni argine, histidine, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylaline, threonine, thryptopan, dan valine.

Cara menanam pohon kelor ini tidak begitu susah untuk diperbudidayakan. Karena pohonnya dapat tumbuh secara baik di daratan rendah atau daratan tinggi. Supaya memperoleh hasil yang memberikan kepuasan dalam budidaya kelor. Karena itu kita harus tahu cara menanam pohon kelor ini secara benar dan memakai beberapa langkah yang akurat.

Cara Menanam Pohon Kelor Moringa oleifera

Untuk tahapan awalnya penanaman pohon kelor ini penyiapan ialah cara yang penting. Karena keadaan tanah yang subur akan memberikan dukungan tanaman kelor tumbuh dengan optimal. Oleh karena itu, dibutuhkan tahapan-tahapan pembuatan pada tempat supaya kualitas tanahnya jadi baik. Berikut beberapa langkahnya:

Penyeleksian Lokasi Tempat

Persyaratan tempat yang bagus seharusnya penuhi syarat-syarat salah satunya:

  • Terserang sinar matahari langsung minimum 6 jam satu hari.
  • Dekat sama sumber air.
  • Memiliki kandungan elemen hara yang cukup

Pembersihan dari Hama

stylehidup.dreamers.id Supaya pohon kelor nanti bisa tumbuh secara baik dan hasilkan tempat yang berkualitas. Permbersihan hama yang tumbuh dari tempat ini ialah cara yang bagus. Bila Anda merasakan cuman sedikit gulma yang tumbuh karena itu, tinggal mengambilnya dan buang jauh gulma itu. Tetapi jika gulma (tanaman liar) telah tumbuh dengan jumlah yang banyak. Karena itu dapat manfaatkan hebrisida hingga semakin lebih cepat mematikan gulma pengganggu.

Membuat Lubang Tanam

komunitas gaharu budidaya Panduan cara menanam pohon kelor seterusnya dengan membuat lubang tanam. Anda bisa memakai cangkul untuk membikin lubang tanamnya. Bikinlah lubang berdiameter sekitaran 50-70 cm. Untuk kedalaman lubang tanam ini bikinlah sekitaran 50 cm.

Pemupukan Dasar

 Anda bisa memakai pupuk organik sebagai pupuk dasarnya. Yakni dengan manfaatkan pupuk kandang atau kompos. Cara pemberian pupuk ini ialah saran pupuk organik seperlunya ke lubang selanjutnya tutup dengan tanah sampai 3/4 sisi. Kemudian kita bisa biarkan lubang minimum dua minggu supaya kondisi pupuk dalam tanah bisa tergerai lebih dulu.

Pembibitan Pohon Kelor Moringa oleifera

Dalam pembibitan pohon kelor ada dua sistem yang sudah dilakukan supaya memperoleh bibit yang berkualitas. Yakni dengan sistem pembibitan dari biji dan pembibitan dengan cara stek. Untuk ke-2 sistem ini ada keuntungan dan kerugiannya. Berikut penjelasannya:

  • Pembibitan dari Biji

Sistem ini yang khusus Anda harus pastikan untuk menggunakan biji yang berkualitas baik dan datang dari tanaman yang sehat tidak berpenyakit. Cara pembibitan ialah mengambil polong kelor yang telah tua dan nyaris busuk. Jemur biji dari polong kelor barusan di bawah cahaya matahari lebih kurang sepanjang 5 jam. Bila biji telah jadi kering, mengambil dan taruh di tempat sejuk (kering).

Seterusnya buat tempat persemaian dengan memakai polybag untuk tumbuhkan biji. Triknya tanamlah biji dalam polybag dan tunggu hingga tumbuh. Jika tunas kelor ini sudah tumbuh karena itu Anda harus rajin menyiramiinya supaya bibit tanaman kelor ini cepat tumbuh.

Keuntungan sistem biji yakni akan memperoleh bibit yang unggul dan tahan pada penyakit. Pengakaran tanaman yang lebih prima berpengaruh tanaman akan semakin kuat. Kekurangan sistem ini yakni waktu perkembangan yang semakin lama.

  • Pembibitan dengan cara stek

Pemakaian sistem ini akan hasilkan bibit kelor siap tanaman sama waktu yang bisa lebih cepat. Tata triknya ialah pilih pohon kelor besar dengan keadaan sehat. Mengambil tangkai pohon ini dengan umur yang tidak begitu tua atau terlampau muda sama ukuran 50-70 cm.

bibit kelor stek berakar Untuk ambil tangkai ini Anda bisa ambilnya lebih satu tangkai pada sebuah pohon. Persiapkan media polybag. Tusukkan tangkai kelor yang hendak distek barusan ke polybag. Periharalah dengen menyiram polybag secara periodik. Pembibitan yang sukses akan kelihatan dari tangkai kelor yang telah tumbuhkan beberapa tunas.

Tunggu hingga daunnya banyak dan memiliki ukuran semakin besar. Keuntungan memakai sistem stek ini ialah waktu penumbuhan yang bisa lebih cepat. Untuk rugi sistem ini ialah tanaman yang kurang tahan pada gempuran penyakit dan tumbuhnya akar yang tidak demikian kuat.

Penanaman Bibit Kelor

Setelah didiaamkan dalam waktu yang lumayan lama. Karena itu pupuk yang dilumpukkan dalam lubang tempat barusan akan tergerai dengan prima. Tanah barusan bisa menjadi humus yang memiliki kandungan mengundurkan hara yang bagus hingga siap diserap oleh akar tanaman kelor. Bibit kelor dalam polybag barusan tinggal dibindahkan ke tanah humus. Berikut poin utama dalam menanam kelor ke media tempat yang perlu jadi perhatian:

  • Membersihkan lubang dari hama memakai Insektisida taburi, bakterisida atau fungisida.
  • Cara penanaman kerjakan di sore hari untuk menahan bibit layu di saat siang.
  • Plastik polybag dilepaskan supaya tidak turut tertancap.
  • Secepat-cepatnya kerjakan penyiraman demikian bibit usai ditanamkan.

Tahapan Perawatan

Siramlah tanaman kelor ini. Waktu penyiraman tidak boleh dilaksanakan tiap hari. Kerjakan penyiraman 5 sampai 7 hari sekali menyaksikan dari kandungan air dalam tanah. Jauhi tanah disekitaran akar pohon becek dan menggenang air dalam waktu yang lama karena akan menyebabkan pembusukan akar . Maka usahakan saja supaya tanah selalu pada kondisi basah. Walau pohon kelor masih tetap hidup tanpa disirami, tetapi dengan jaga supply airnya karena itu tanaman akan tumbuh sehat.

Untuk perawatan setelah itu pemupukan kelanjutan. Pemupukan ini dilaksanakan sebulan sekali untuk jaga supply elemen hara dalam tanah. Untuk penghematan Anda bisa memakai pupuk kandang. Cara memakainya dengan memendamnya sekitaran akar dalam jarak sekitaran 50-80 cm dari akar pohon kelor.

Pengendalian Hama

Cara menanam pohon kelor selanjutnya ialah pengendalian hama. Walau pohon kelor ini tahan pada gempuran hama di mana pohon ini tidak gampang mati. Tetapi karena gempuran hama ini bisa turunkan keproduktifan tanaman.

Untuk hama serangga seperti ulat, belalang dan rayap karena itu bisa memakai insektisida untuk menanggulanginya. Insektisida ini Anda bisa memperolehnya di beberapa toko pertanian disekitaran Anda.

Hama jamur akan susah diatasi bila serang akar. Karena itu cara memberi fungisida di lubang tempat barusan penting. Supaya tanaman tidak layu bahkan juga mati. Hama bakteri ini jarang-jarang serang tanaman kelor. Tetapi dampaknya semakin lebih cepat memunculkan kematian pada pohon kelor. Pertanda gempuran hama bakteri ini bisa disaksikan dari daun, ranting, bahkan juga tangkai yang pelan-pelan layu. Cara menanggulanginya dengan mengocorkan bakterisida ke akar pohon kelor.

Pemanenan

Pada bagian pohon kelor yang bisa digunakan dalam panen ialah daun dan bijinya. Karena itu ada banyak hal yang jadi perhatian dalam memetik ke-2 bagia itu.

Panen Daun Kelor
Hal yang penting jadi perhatian:

  • Dalam memetik daun pakai sabit, pisau atau gunting buat menghindar kerusakan pada tanaman kelor.
  • Kerjakan pemanenan di saat pagi mendekati siang hari supaya cedera tanaman cepat kering.
  • Usahaka daun kelor yang dipanen pada keadaan kering agar tidak cepat busuk saat diletakkan atau dikirimkan langsung. Jika memang perlu bisa dijemur lebih dulu untuk kurangi kandungan air dalam daun.

Panen Biji Kelor
Hal yang perlu jadi perhatian:

  • Pilih Buah atau polong kelor yang telah masak untuk dipanen. Yakni yang telah warna coklat dan telah gampang dibuka di bagian kulitnya.
  • Biji kelor yang telah diambil dijemur dulu sepanjang 3-5 jam selanjutnya taruh di tempat yang sejuk dan kering.
  • Seharusnya tidak untuk memanjat pohon saat memetik buah karena dahan dan cabang kelor gampang patah. Dapat memakai galah panjang untuk memetik buah kelor ini.

Itu ia cara menanam pohon kelor supaya tanaman bisa tumbuh dengan sehat. Besar kami harap bila pembaca ikuti tutorial di atas akan sukses dalam penanaman pohon kelor. Terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.