Cara Merawata Tanaman Anthurium Gelombang Cinta

Cara Merawat Tanaman Anthurium Gelombang Cinta

Bagikan

Cara Merawat Tanaman Anthurium Gelombang Cinta – Anthurium disebutkan dengan bunga gelombang cinta, bunga flamingo, atau lidah api. Wujud dari bunga gelombang cinta ini yakni terbagi dalam bonggol dengan warna bunga bervariatif dan benar-benar ceria. Warna bunga terbagi dalam merah jelas ke hitam, dari putih ke hijau gelap.

Cara Merawata Tanaman Anthurium Gelombang Cinta
Cara Merawat Tanaman Anthurium Gelombang Cinta

Bunga gelombang cinta jarang terserang oleh hama atau semacam kutu yang umumnya serang di bagian daun. Hal itu karena penyiraman teratur dilaksanakan tiap hari. Bila daun terserang hama atau kutu, daun gelombang cinta akan menguning disebabkan karena klorosis. Gelombang cinta sebagai tanaman yang tidak banyak memerlukan elemen hara.

Berikut Cara Merawat Tanaman Anthurium Gelombang Cinta.

  1. Intensif sinar

Intensif matahari langsung dan terlalu berlebih rupanya sebagai pemicu daun jadi kuning, dan hal itu tidak baik untuk tanaman gelombang cinta.

Tanaman gelombang cinta dikenali sebagai tanaman yang tumbuh di bawah lindungan pohon yang besar yang tidak langsung terserang cahaya matahari. Intensif sinar yang diperlukan oleh tanaman gelombang cinta ini ialah range 30%-50%.

Walau gelombang cinta tidak begitu memerlukan sinar matahari, tidak berarti tanaman ini tidak membutuhkan sinar sama sekalipun. Tanaman yang tidak terserang cahaya matahari akan memperlihatkan gejal seperti daun layu dan warna pucat.

Hal itu pasti membuat penampilan tanaman kurang memikat, apa lagi bila kurang cahaya matahari dalam periode saat yang benar-benar lama. Hal itu akan memengaruhi daun akan menjadi kecil dan condong tumbuh memanjang.

  1. Kepadatan Tanaman

Supaya tanaman gelombang cinta tumbuh secara baik dan maksimal, turunkan tanaman gelombang cinta dalam pot karena intensif sinar untuk tingkat kepadatan tanaman harus diakui.

Pot yang terlampau padat karena tanaman akan punya pengaruh pada perputaran udara jadi tidak lancar dan temperatur di sekitar bisa menjadi panas. Hal itu dapat mengakibatkan daun jadi kuning dan kesusahan tumbuh karena tanaman menimbun.

  1. Kualitas air

Kualitas air sebaiknya jadi perhatian untuk penyiraman bunga. Seharusnya, air yang dipakai dipisah dari temperatur kamar yakni lebih dari 2 derajat. Untuk tiap penyiraman tidak boleh ada tersisa air dalam pot, hal itu buat menghindar pembusukan pada akar.

Bila daun gelombang mulai berkembang lebat, sebaiknya menukar pot yang semakin besar. Hal itu buat menghindar pembusukan pada akar, dan tidak sesak penuh hingga menyebabkan bunga akan gampang mati.

  1. Lihat temperatur udara

Pada musim panas, temperatur udara jangan di bawah 18 derajat celsius, dan pada musim dingin dan musim luruh 15 – 16 derajat. Bila ingin daun gelombang mekar bisa lebih cepat, khusus untuk bulan Januari temperatur dapat dinaikkan sampai 25 derajat.

  1. Penyemprotan air

Harus dilakukan untuk menyemportkan air disekitaran tanaman dan daun agar jaga masih tetap bersih, jaga kelembapan udara dan masih tetap hijau mengkilat hingga menarik dilihat mata. Daun yang telah menguning dan kering seharusnya selekasnya di potong supaya tidak menyebar ke daun yang lain.

  1. Depresi karena permasalahan kelembapan

Pemicu umum daun gelombang cinta menguning ialah sering atau jarangnya tanaman disiram. Tanaman yang kurang cukup tanah, tanaman akan susah memperoleh gizi untuk berfotosintesis. Yang bisa terjadi ialah kekurangan klorofil hingga daun jadi kuning.

Untuk ketahui apa tanaman kekurangan air, check tanah di bagian tanaman. Bila tanaman jadi kering dengan kedalaman beberapa cm, sebaiknya tanaman harus disiram. Disamping itu, dari performanya bisa juga ditegaskan tanaman itu perlu air.

Tanaman yang kekurangan air tentu saja akan jadi kering, kuning dan di bagian tepian daun bisa menjadi gampang remuk. Menyirami tanaman terlalu berlebih dapat mengakibatkan daun berbeda warna jadi kuning. Bila daun jadi kuning, lemas dan meliuk kebawah sebaiknya check tanah dan akarnya. Bila akarnya warna cokalt dan benyek, tanah kemungkinan tergenangi air.

Kebanyakan air dapat mengundang hama dan memunculkan beragam permasalahan seperti tanah berjamur. Beberapa ciri akar yang sehat ialah terlihat kuat dan putih.

  1. Situasi keadaan

Situasi keadaan dapat mengakibatkan kenapa daun gelombang cinta jadi kuning. Daun yang menguning menjadi reaksi pada kondisi atau situasi keadaan. Disamping itu, tanaman yang tumbuh melewati ukuran pot, tanaman yang peka pada peralihan temperatur dan kelembapan.

  1. Repotting atau menukar pot

Bila daun jadi kuning sebaiknya kerjakan repotting atau menukar pot yang semakin besar. Akar membutuhakn ruangan untuk mempernyerap gizi dan air.

Saat tanaman tumbuh, tempat dibutuhkan untuk mekanisme root. Satu tahun sekali, lebih dicintai pada musim semi, anthurium ditransplantasikan ke pot yang semakin besar. Untuk berbunga yang bagus, volume tempat harus sedikit melewati ukuran akar.

  1. Kelembapan udara

Banyak tanaman hias khususnya gelombang cinta yang lebih sukai hidup dan tumbuh dengan lingkungan yang mempunyai udara lembab. bila lingkungan yang kering akan membuat tanaman pada daun jadi kering dan menguning. Untuk jalan keluar tingkatkan kelembapan yakni dengan tempatkan nampan berisi air dengan batu di bagian bawah pot atau dengan mengembunkan tanaman.

  1. Penyakit Non-Infeksi

Penyakit non infeksi juga bisa mengakibatkan daun jadi menguning. Pemberian pupuk mineral dan organik benar-benar sangat diperlukan. Cukup hanya memberi 2x satu minggu, dan pada musim dingin 1 kali /bulan. Untuk pemberian pupuk tidak langsung diberikan di saat dilakukan transplantasi atau penyiraman.

Kelebihan kalsium bisa mengakibatkan daun jadi kuning, bintik coklat. Kelebihan kalsium atau fosfor bisa perkuat tanaman dan penebalan tangkai tanpa bunga. Minimnya zat besi dan magnesium bisa menyebablan klorosis dari gelombang cinta.

Penyakit dengan sintesis klorofil terusik dengan daun menguning, karena ada pupuk yang berkaitan akan menolong tanah yang kekurangan gizi.

Dengan bertambahnya udara bisa mengakibatkan penyakit seperti gas dan enasi. Pada daun yang menguning, pertama kali yang muncul dengan wujud bulat bundar, dan bercak-bercak.

Nah itulah pembahasan mengenai Cara Merawat Tanaman Anthurium Gelombang Cinta agar daunya tidak menguning, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.