Gambar Pohon Jacaranda

Ciri-ciri Pohon Jakaranda (Jacaranda mimosifolia) Di Alam Liar

Bagikan


Ciri Ciri-ciri Pohon Jakaranda – Jakaranda (Jacaranda mimosifolia) ialah pohon sub-tropis yang dari Amerika Selatan yang sudah banyak ditanamkan pada tempat lain karena bunganya yang memikat dan bertahan lama.

Jacaranda sudah diperbudidayakan hampir di tiap negara dunia di yang tidak ada cuaca beku. Tetapi, pohon jakaranda yang telah tua dan berbahan kayu keras bisa tumbuh pada temperatur sampai sekitaran -7 °C (19 °F).

Gambar Pohon Jacaranda

Di AS, 48 km ke arah timur Los Angeles temperatur musim dingin bisa turun sampai -12 °C (10 °F) sepanjang beberapa saat, beberapa pohon jakaranda tua sanggup bertahan hidup, bahkan juga saat embun beku tutupi cabang-cabangnya.

Pohon jakaranda tumbuh luas di California, Arizona barat daya, Texas tenggara, dan Florida. Di California mereka tumbuh paling luas di California Selatan, tapi biasanya di utara ke San Francisco Bay Tempat dan di sejauh wilayah pantai bebas es di California Utara.

Di Eropa, pohon jakaranda tumbuh di semua pantai Mediterania Spanyol, Portugal selatan, Italia selatan, Yunani selatan, Kepulauan Malta, dan Siprus pohon jakaranda umumnya berbunga lebih cepat dibanding beberapa pohon bunga Eropa yang lain.

Pohon jakaranda dikenalkan ke Cape Town oleh Baron von Ludwig pada sekitaran tahun 1829. Ini dipandang seperti spesies agresif di sejumlah sisi Afrika Selatan dan Australia.

Pretoria di Afrika Selatan dikenali sebagai Kota Jakaranda karena jumlahnya pohon jakaranda yang ditanamkan sebagai pohon perdu jalanan, taman, dan kebun. Di saat berbunga, kota terlihat warna biru bila disaksikan dari bukit-bukit.

Masih di Pretoria, pohon jakaranda disitu dikenal juga sebagai pohon ujian. Di mana musim saat bunga jakaranda mekar di Pretoria bersamaan dengan ujian tahun akhir di Kampus Pretoria. Legenda lokal menjelaskan jika bunga dari pohon Jakaranda jatuh di kepala pelajar, pelajar akan lulus ujian.

Ciri-ciri Daun Jakaranda

Ciri Ciri-ciri Pohon Jakaranda

Daunnya majemuk dua pin dan mempunyai panjang capai 45 cm, dengan dengan lebaran sekitaran 1 cm.

Ciri-ciri Bunga Jakaranda

Bunga jakaranda mempunyai panjang sampai 5 cm, dan digolongkan dalam malai 30 cm. Bunga-bunga itu ada pada musim semi sampai awalnya musim panas, dan berjalan sampai 2 bulan.

Ciri-ciri Buah Jakaranda

Buah jakaranda berupa polong-polongan, dengan diameter sekitaran 5-7 cm, dan berisikan banyak biji. Buahh-buah matangnya kerap dipakai untuk menghiasi pohon Natal dan kerajinan tangan.

Ciri-ciri Pohon Jakaranda

Pohon jakaranda bisa tumbuh sampai ketinggian 20 mtr.. Kulit batangnya tipis dan warna abu-abu kecokelatan, lembut saat pohon masih terbilang muda dan jadi bersisik lembut saat pohon telah tua. Rantingnya ramping dan sedikit zig-zag, warna coklat kemerahan.

Status taksonomi jakaranda masih dipermasalahkan hingga saat ini. ITIS (Integrated Taxonomic Information Sistem) memandang nama Jacaranda acutifolia, sebagai persamaan kata untuk Jacaranda mimosifolia. Tetapi, beberapa pakar taksonomi kekinian menjaga ketidaksamaan di antara ke-2 spesies ini, karena secara geografis berlainan, Jacaranda acutifolia ialah epidemik di Peru, dan Jacaranda mimosifolia ialah tanaman asli Bolivia dan Argentina.

Bila ketidaksamaan ini dibikin, wujud budidaya harus diberlakukan sebagai Jacaranda mimosifolia, karena mereka dipercaya datang dari Argentina. Persamaan kata lain untuk Jakaranda ialah Jacaranda chelonia dan Jacaranda ovalifolia.

Manfaat Pohon Jacaranda

Periset mengutarakan konsentrat sisi tertentu dari pohon jakaranda memperlihatkan tindakan antimikroba yang semakin tinggi secara in vitro pada Bacillus cereus dan Escherichia coli dibanding gentamisin sulfat. Konsentrat ini melakukan tindakan menantang Staphylococcus aureus in vitro.

Nah itu dia pembahasan mengenai ciri – ciri pohon jacaranda semoga dapat membantu anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.