flamboyan 1 meter

Ciri-ciri Pohon Flamboyan (Delonix regia) Di Alam Liar

Bagikan

Ciri-ciri Pohon Flamboyan – Flamboyan (Delonix regia) ialah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Fabaceae, subfamili Caesalpinioideae yang dari Madagaskar.

Pohon flamboyan populer karena daunnya yang seperti pakis dan bunganya yang cantik warna oranye sampai merah sepanjang musim panas. Saat musim berbunga, bunga-bunga flamboyan itu nyaris tutupi semua dedaunannya dan membuat semua pohon terlihat sarat dengan warna merah atau oranye ceria yang elok.

Ciri-ciri Pohon Flamboyan

Di beberapa negara tropis pohon flamboyan ditanamkan sebagai pohon hias dan pohon perdu di tepi-tepi jalan raya atau taman kota. Dengan bahasa Inggris, pohon flamboyan dinamai Royal Poinciana, Flamboyant, Flame of the Forest, dan Flame Tree.

Awalnya, pohon flamboyan ditaruh di genus Poinciana, dinamakan oleh Phillippe de Longvilliers de Poincy, gubernur Saint Christopher (Saint Kitts) pada era ke-17.

Pohon flamboyan epidemik di rimba kering Madagaskar, tapi sudah dimenyebar ke wilayah tropis dan sub-tropis di penjuru dunia. Di alam liar, pohon flamboyan hampir musnah, tapi diperbudidayakan secara luas pada tempat lain dan dipandang bernilai di beberapa wilayah.

Pohon flamboyan memerlukan cuaca tropis atau sejuk, tapi dia dapat tumbuh pada keadaan kekeringan. Pohonnya sendiri lebih sukai tanah berpasir dengan tempat terbuka yang banyak memiliki bahan organik. Pohon flamboyan tidak menyenangi tanah yang lekat atau tebal seperti tanah liat, dia akan bunga lebat jika tumbuh pada keadaan tanah yang kering.

Selainnya nilai hiasnya, pohon flamboyan sebagai pohon teduh yang bermanfaat pada keadaan tropis, karena umumnya tumbuh sampai ketinggian sedang, umumnya 5-10 mtr., tapi bisa capai ketinggian maksimal 12 mtr. dengan dedaunan yang lebat. Di beberapa daerah dengan musim kemarau yang terang, pohon flamboyan mengugurkan daunnya sepanjang kekeringan. Oleh karena itu, pohon flamboyan kerap disebutkan tumbuhan semi-evergreen.

Di negara sisi India, Kerala, pohon flamboyan disebutkan Kaalvarippoo yang memiliki arti “Bunga Kalvari”. Ada keyakinan terkenal antara beberapa orang Kristen Santo Thomas dari Kerala jika saat Yesus disalib, ada sebuah pohon flamboyan kecil di dekat Salib-Nya. Dipercaya jika darah Yesus Kristus diberikan di atas bunga-bunga pohon dan berikut bagaimana bunga-bunga flamboyan memperoleh warna merah yang tajam. Dia dikenal juga bernama “Vaaga” di beberapa wilayah di Kerala.

Bunga flamboyan ialah bunga nasional St. Kitts dan Nevis, dan pada Mei 2018 pohon flamboyan dipungut oleh kota Key West sebagai pohon nasionalnya.

Di Malaysia flamboyan dikenali sebagai Meriah Api, sebagai icon kota Sepang dan Selangor.

Ciri-ciri Daun Flamboyan

Ciri Ciri-ciri Daun Flamboyan

Daun flamboyan majemuk (menyirip double) mempunyai bulu-bulu dan warna hijau jelas. Tiap daun mempunyai panjang 30-50 cm dengan 20 sampai 40 pasang dengan lebaran primer atau pinnae, masing-masing dipisah jadi 10-20 pasang dengan lebaran sekunder atau pinnules.

Ciri-ciri Bunga Flamboyan

Ciri Ciri-ciri Bunga Flamboyan

Bunga flamboyan memiliki ukuran besar, dengan 4 kelopak merah atau oranye menebar sampai 8 cm, dan kelopak tegak ke-5 disebutkan standard, yang sedikit besar dan kelihatan dengan warna kuning dan putih. Butir serbuk sari memanjang, memiliki ukuran sekitaran 52 mikron.

Ciri Ciri-ciri Buah Flamboyan

Ciri Ciri-ciri Buah Flamboyan

Buahnya polong warna hijau dan benyek, saat muda warna hijau dan berbeda coklat saat tua. Panjangnya dapat capai 60 cm dan lebar 5 cm. Bijinya kecil, berat reratanya sekitaran 0,4 gr.

Ciri-ciri Pohon Flamboyan

Ciri Ciri-ciri Pohon Flamboyan

Pohon flamboyan bisa tumbuh jadi membesar dan melebar membuat seperti kanopi atau payung di ketinggian optimal 12 mtr..

Cara Budidaya Pohon Flamboyan

Langkah pergandaan pohon flamboyan dengan semai biji. Tetapi langkah yang kurang umum, seperti stek batang bisa juga dilaksanakan untuk membudidayakan pohon ini.

  1. Semai Biji – Benih dipendam di air hangat sepanjang minimal 24 jam, dan ditanamkan di tanah yang hangat dan lembab pada keadaan semi-teduh, ternaungi. Bibit tumbuh secara cepat dan bisa capai 30 cm dalam beberapa minggu di bawah keadaan yang bagus.
  2. Stek – Cabang dipotong sejauh 30 cm dan ditanamkan dalampot atau polybag. Sistem ini lebih lamban dibanding pergandaan semai biji (stek memerlukan waktu beberapa waktu sampai batang berakar) tapi stek lebih dicintai pemberbudidaya.

Dengan begitu, stek sebagai sistem pergandaan pohon flamboyan yang biasa dilaksanakan untuk budidaya, terutamanya untuk varietas pohon flamboyan bunga kuning yang lebih jarang-jarang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.