Jenis - Jenis Pohon Pule

Ciri – Ciri Pohon Pule dan Jenis – Jenisnya

Bagikan

Ciri – Ciri Pohon Pule – Pulai atau Pule (Alstonia scholaris) ialah pohon dalam keluarga Apocynaceae. Pohon ini asli dari Cina selatan, Asia tropis dan Australasia.

Pohon pule bisa tumbuh sampai ketinggian 40 mtr. dengan dedaunan renggang. Kulitnya batangnya warna keabu-abuan dan cabang-cabang mudanya diikuti dengan lentisel.

Ciri - Ciri Pohon Pule

Pohon pule menempati dan gampang diketemukan di wilayah seperti berikut :

Cina : Guangxi dan Yunnan
Anak benua India : Bangladesh, India, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka
Asia Tenggara : Kamboja, Laos, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Papua Nugini, Filipina, Thailand, dan Vietnam
Australia : Queensland

Ciri-ciri Ciri Daun Pule

Sisi atas daunnya mengkilat, dan sisi bawahnya warna keabu-abuan. Daunnya ada dalam tiga sampai sepuluh helai pada sebuah lingkaran. Batang daunnya memiliki ukuran 1-3 cm, daun kasar.

Ciri-ciri Ciri Bunga Pule

Bunganya cymes padat dan puber dengan panjang batang bunga 4-7 cm. Corolla warna putih dan seperti tabung dengan panjang 6-10 mm, lobus atau obovatenya selebar 2-4,5 mm, bertumpang-tindih ke kiri.

Bunga-bunganya mekar pada bulan Oktober sampai November. Baunya benar-benar wangi, serupa dengan bunga Arum dalu (Cestrum nocturnum).

Ciri-ciri Ciri Buah Pule

Buahnya berupa bujur, dengan pinggir bersilia, dan usai dengan jumbai 1,5-2 cm. Kulit buahnya tidak bau dan benar-benar pahit, dengan getah warna putih seperti susu.

Pohon Pule Liar

Pohon Pule Air
Gambar Pohon Pule

Sudah pernahkah Anda dengar mengenai pohon Pule liar? Pohon Pule atau Pulai ini sering jadi opsi penghijauan. Tetapi mayoritas warga memercayai beragam dogma yang ada dari dulu saat.

Tanaman liar yang ini ternyata terkenal untuk bonsai. Oleh karenanya, kami akan sampaikan info komplet mengenai pohon Pule yang dapat Anda dapatkan di alam liar ini.

Pohon Pule liar yang hidup di wilayah tropis dan subtropis mempunyai beberapa karakter umum. Selainnya menyenangi daratan rendah dengan kelembapan yang tinggi, pohon ini kenyataannya gampang diketemukan di daratan dengan ketinggian 900 mtr. di atas air laut.

Pohon yang ini dapat hidup dan tumbuh secara baik di lingkungan dengan temperatur tahunan 12 sampai 31 derajat Celcius. Walau menyenangi air, kenyataannya pohon Pule harus berdiri di atas tanah dengan mekanisme drainase yang bagus

Pada intinya, Alstonia scholaris ini sanggup tumbuh di beberapa tipe tanah, tetapi saat tanahnya dangkal atau di atas karang, pohonnya memiliki ukuran benar-benar kecil.

Pule terhitung pohon besar yang mempunyai perkembangan cepat. Dia biasa tumbuh ditempat-tempat sejuk yang dekat sama perairan seperti pinggir sungai, rawa, dan sawah.

Jenis – Jenis Pohon Pule

Pohon pule memiliki beberapa jenis yang digolongkan menjadi 3 yaitu :

Jenis Pule Fosil

Pule Fosil adalah pohon pule yang batangnya sudah berubah menjadi fosil atau batu fosil, biasanya dikarenakan tanaman pule ini sudah sangat tua, sehingga batangnya mengalami perubahan dari kayu menjadi batu.

Pule Air / Pule Rawa

Pule air atau pule rawa adalah tanaman pule yang bisa hidup di air dan bisa pula hidup di darat, karena habitat asli dari pohon ini di rawa yang tersebar di seluruh wilayah di indonesia.

Pule Biasa

pohon pule yang satu ini memang sudah sangat di kenal, dengan batang kayu khas pohon pule liar, dengan daunya yang rimbun sudah sering sekali kita temukan di hitan bahkan saat ini sudah banyak jual pohon pule untuk penghias taman yaitu dijadikan bonsai pohon pule.

Nah itu dia pembahasan kami mengenai Ciri – Ciri Pohon Pule dan Jenis – Jenisnya, semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk anda dan menjadi manfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.