Manfaat Buah Markisa

Manfaat Buah Markisa Dan Kandungan Nutrisi Keutamaan

Bagikan

Manfaat Buah Markisa – Markisa( Passiflora edulis) adalah tipe tanaman buah yang masuk ke genus Passiflora. Markisa datang dari wilayah sub tropis dan tropis Amerika, nama lain dari Markisa diantaranya Chanh leo( Vietnam), Granadilla( Amerika Selatan dan Afrika Selatan), maracuyá( Spanyol), Spirit Fruit( Inggris), Pasiflora( Israel), Lilikoʻi( Hawaii), dan maracujá( Portugis).

Yang dimaksud dengan buah pada buah markisa adalah pulp yaitu satu susunan yang menyelimutinya biji.

Buah markisa mempunyai kulit buah yang tipis yang keras dan gampang di pecahkan ketika muda dan saat telah masak akan lentur,dalam rongga buah ada beberapa puluh biji buah, biji buah itu bercorak hitam dan dilapis pulp tipis yang mempunyai warna putih, kuning muda, atau oranye.Pulp akan terus jadi tebal jika ukuran buahnya terus jadi besar dengan keharuman dan keasaman besar.

Kandungan Nutrisi Markisa

Nutrisi Markisa/ 100 gram:

  • Kalori( kcal) 97
  • Jumlah Lemak 0, 7 g
  • Lemak jemu 0, 1 g
  • Lemak tidak jemu double 0, 4 g
  • Lemak tidak jemu tunggal 0, 1 g
  • Cholesterol 0 mg
  • Natrium 28 mg
  • Kalium 348 mg
  • Jumlah Karbohidrat 23 g
  • Serat pangan 10 g
  • Gula 11 g
  • Protein 2, 2 g
  • Vit A 1. 272 IU
  • Vit C 30 mg
  • Kalsium 12 mg
  • Zat besi 1, 6 mg
  • Vit D 0 IU
  • Vit B6 0, 1 mg
  • Vit B12 0µg
  • Magnesium 29 m

Tipe- Type Markisa

Markisa Manis( sweet granadilla)

Markisa Manis( Passiflora lingularis) adalah tipe markisa yang mempunyai wujud bundar lonjong.

Pada ketika buah muda akan mempunyai warna ungu hijau dan pada ketika buah masak mempunyai warna kuning tua dengan rasa buah manis beri kesegaran.

Markisa ungu( purple spirit fruit)

Ungu( Passiflora edulis var. edulis) adalah tipe markisa masam, markisa tipe ini mempunyai wujud buah bundar lonjong.

pada ketika muda buah mempunyai warna hijau tetapi saat buah telah masak akan mempunyai warna coklat ungu, rasa buah asam fresh dan mempunyai wewangian wangi.

Markisa Kuning( yellow granadilla)

Markisa Kuning( Passiflora edulis var. flavicarpa) Adalah tipe markisa masam, markisa tipe ini mempunyai wujud buah bundar lonjong dengan warna kuning jika sudah masak dan mempunyai warna hijau jika masih terbilang muda.

Markisa Erbis atau Markisa Besar( giant granadilla)

Markisa Erbis( Passiflora quadrangularis) adalah tipe markisa ini mempunyai rasa masam. Markisa tipe ini umumnya ditanamkan dimulai dari daratan rendah sampai daratan menengah, karena mempunyai buah yang besar,.

markisa tipe ini mempunyai volume buah yang semakin banyak dibandingkan tipe markisa lain.

Tetapi karena rasa buah markisa tipe ini relatif tawar dan tidak mempunyai wewangian yang kuat, sampai markisa ini tidak memikat untuk pecinta markisa.

Manfaat dan Kegunaan Buah Markisa

Gambar pohon markisa berbuah
Gambar pohon markisa berbuah

Beberapa manfaat buah markisa kuning yaitu seperti berikut ini:

Membuat lancar dan sehatkan pencernaan

Buah markisa kaya akan manfaat serat yang tertera di dalam daging buahnya. Isi serat itu tertera serat yang besar. Serat akan menyehatakan dan membuat lancar pencernaan.

Biji buah markisa juga dapat dikonsumsi karena memiliki serat yang besar juga. Dengan aktif komsumsi buah markisa sampai pencernaan mudah dan usus jadi bersih.

Menjauhi dari perkembangan sel kanker pada tubuh

Buah markisa juga memiliki manfaat anti-oksidan yang baik sekali buat badan dalam menjauhi dari tumbuhnya sel kanker pada tubuh.

zat anti-oksidan ini akan bekerja dalam merintangi perkembangan sel- sel kaner pada tubuh manusia.

Bagus untuk pasien asma

Buat pasien asma sampai disarankan buat komsumsi buah markisa, karena isi zat yang ada di dalamnya bisa menentramkan serangan asma.

Buah markisa juga memiliki karakter yang bisa memblok histamin yang munculkan tanda-tanda asma.

Mempunyai karena rileksasi

Isi zat yang ada di dalam buah markisa nampaknya bisa memberi karena tenang dalam pikiran dan bisa mengurangi saraf hingga dapat membuat hati kalian menjadi lebih tenang.

Karena manfaat itu hingga buah markisa bisa menjadi seperti minuman rileksasi dan dihidangkan dengan kondisi yang dingin.

Bagus untuk pasien insomnia

Jika kalian tertera orang yang kerap dirundung tidak bisa tidur, buah markisa akan menolong kalian dalam menangani tidak bisa tidur yang menerpa kalian.

Buah markisa mempunyai karena yang bisa membuat mekanisme saraf tenang dan menyantaikan pikiran hingga akan jadikan saraf kalian jadi gampang mengantuk.

Kalian bisa minum satu gelas juz markisa disaat sebelum tidur agar kalian dapat bebas dari tanda-tanda tidak bisa tidur.

Sumber gizi yang bagus

Buah markisa memiliki banyak zat- zat baik di dalamnya hingga yaitu sumber gizi yang bagus buat kesehatan badan kalian. Beberapa isi buah markisa seperti vit C.

Satu porsi buah markisa 100 gram( 3, 5 ons) memiliki 30 mg vit C. Satu porsi 100 g buah markisa memiliki 1275 IU vit A, vit A ini baik sekali buat kesehatan kulit dan tambahkan kualitas pandangan.

Buah markisa juga memiliki sumber kalium( 348 mg dalam 100 g buah markisa). Seperti itu isi gizi baik pada buah markisa.

Atur Penekanan Darah

Buah markisa memiliki kalium yang memiliki peranan memiliki arti dalam vasodilator. Kalium akan bekerja menentramkan pembuulh darah dan bisa tambahkan saluran darah.

Pada tubuh pergerakan di antara membran terikat pada aliran yang ditata oleh kalium.

Memaksimalkan mekanisme kekebalan

Buah markisa memiliki manfaat vit C, karoten dan crytoxanthin. Ke-3 zat itu benar-benar baik pada membuat perlindungan dan memaksimalkan kekebalan pada tubuh manusia.

Kekebalan badan pada tubuh manusia akan menjauhi dari penyakit yang akan serang badan dan menolong mengobati penyakit yang telah ada pada tubuh.

Buah yang bagus buat diet

Buah markisa yaitu perpecahan pas buat orang yang sedang tempuh program diet. Orang yang sedang diet harus komsumsi buah, benar-benar khusus buah markisa agar dietnya sukses secara baik dan masih tetap sehat.

Buah markisa memiliki kalori yang rendah yaitu 97 kalori per 100 g buah markisa.

Buah markisa juga rendah akan sodium dan lemak hingga baik sekali buat diet, bukan hanya itu buah markisa memiliki karbohidrat dan gula alami yang cukup buat badan hingga tidak memunculkan gemuk.

Buah markisa akan benar-benar efisien dalam menolong merendahkan cholesterol badan, dan isi serat besar dalam buah markisa akan memberi karena kenyang hingga tidak akan membuat kalian jadi ingin makan selalu.

Menantang kanker

Mengambil sumber pada study yang sudah dicoba bisa dibuktikan bila buah markisa memiliki zat fitokimia yang bisa menolong menantang sel- sel kanker yang ada pada tubuh manusia.

Hasil dari study itu sampai konsentrat dari buah markisa bisa menolong mengobati penyakit kanker dengan jadi obat kanker.

Sumber vit C

Isi vit C yang ada di dalam buah markisa banyak hingga sanggup penuhi keperluan badan 50% dari keperluan vit C setiap hari.

Sampai komsumsi buah markisa akan penuhi keperluan badan akan vit C yang baik sekali buat kesehatan badan kalian.

Kaya beta karoten

Isi zat beta karoten di dalam buah markisa memiliki manfaat yang besar buat kesehatan badan diantaranya yaitu tekan perubahan tulang dan gigi, pembaruan kumpulan sel tubuh yang hancur, kurangi imbas terserang penyakit athritis, penyakit parkinson dan penekanan psikis.

Begitu pembahasan berkenaan Manfaat Buah Markisa , yang bisa diterangkan dengan singkat dan terinci semoga berguna untuk anda yang membacanya, selamat mempraktikkan mudah-mudahan sukses dan terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.