gambar tanaman kina

11 Manfaat Tanaman Kina dan Cara Membudidayakanya

Bagikan

Manfaat Tanaman kina selaku tanaman obat malaria udah dikenali lama serta kisahnya lumayan panjang. Pohon yang saat ini komunitasnya termaksud jarang ini dikenali berdasar pada narasi kesembuhan seseorang putri kerajaan yang memiliki nama Chinchon yang sekalian sebagai istri dari Raja Muda Peru yang memiliki penyakit malaria.

Peristiwa ini berlangsung di tahun 1638 sewaktu putri Chinchon yang terkena penyakit malaria sukses pulih sehabis minum ramuan herbal dari kulit kayu ‘quinquina’. Dalam histori itu, pohon kina yang dikatakan datang dari lereng pegunungan Andes di sekeliling Peru serta Ekuador, Amerika Selatan.

Bahkan juga, nama ilmiah pohon kina adalah Cinchona diambil dari nama putri raja yang dikatakan sebelumnya. Agar lebih mengenali tumbuhan kina serta beraneka fungsinya, baca keterangan berikut ini.

Pohon Kina salah satunya tanaman jarang yang tumbuh di teritori rimba hujan tropis, termaksud Indonesia. Ada kira-kira 11 spesies pohon kina di Indonesia. Tapi cuman dua spesies yang dirasa punyai ekonomi, adalah Cinchona Ledge Riana Moens yang terkandung kinin yang tinggi serta Cinchona Succirubra dengan keunggulan tahan kepada penyakit akar.

Pixabay Pohon kina sebagai tanaman yang aslinya dari lereng pegunungan Andes di wilayah Amerika Selatan. Keseluruhannya, ada 25 model kina dengan tanda-tanda morfologi berikut ini:

  • Kina tumbuh dengan tinggi kira-kira 5 sampai 17 mtr.
  • Tangkai pohon kina berbahan kayu berwujud bundar serta warna batangnya cokelat kehijauan
  • Akarnya bertipical akar tunggang serta memiliki warna putih kecokelatan
  • Buah pohon kina mempunyai bentuk kotak, keras serta memiliki warna cokelat muda
  • Biji buah kina sangatlah kecil serta memiliki warna hitam
  • Bunga pohon kina punya sifat majemuk, berwujud bintang, memiliki warna putih kekuningan, dan pada sisi pangkalnya bersatu serta berwarna hijau
  • Daun kina berwujud lonjong serta ujungnya pijakl, berwarna hijau sewaktu pohon masih simpel serta beralih kemerahan saat telah tua
  • Kulit kayu kina memiliki kandungan senyawa alkaloid, saponin, flavonoid serta polyphenol, tapi tidak seluruhnya model pohon kina bisa menghasilkan kinin atau senyawa alkaloid yang lain

Asal, Tebaran dan Komunitas

Kina datang dari pegunungan Andes di ketinggian 1000 sampai 1500 mdpl. Pohon ini menyebar hingga Indonesia serta tumbuh di wilayah dengan ketinggian 8000 sampai 2000 mdpl, tapi ketinggan baiknya yaitu 14000 sampai 1700 mdpl.

lihat juga: Buah Ceri – Taksonomi, Asal, Tebaran, Kekhasan, Model dan BudidayaJumlah cucur juhan baik untuk budidaya kina yaitu 2000 mm sampai 3000 mm pertahun. Dan temperatur untuk perkembangan yang bagus ada di range 13,5 sampai 21 derajat Celcius dengan kelembapan 68& sampai 97%.

Model tanah yang sesuai untuk budidaya tanaman kina yaitu tanah subur, gembur tidak bercadas atau berbatu, kandungan pH 4.6 sampai 6.5 (maksimal di pH 5.8) dan kaya bagian organik.

Model Spesies

  • Cinchona antioquiae L.Andersson (1998).
  • Cinchona asperifolia Wedd. (1848).
  • Cinchona barbacoensis H.Karst. (1860).
  • Cinchona × boliviana Wedd. (1848).
  • Cinchona calisaya Wedd. (1848).
  • Cinchona capuli L.Andersson (1994).
  • Cinchona fruticosa L.Andersson (1998).
  • Cinchona glandulifera Ruiz dan Pav. (1802).
  • Cinchona hirsuta Ruiz dan Pav. (1799).
  • Cinchona krauseana L.Andersson (1998).
  • Cinchona lancifolia Mutis (1793).
  • Cinchona lucumifolia Pav. ex Lindl. (1838).
  • Cinchona macrocalyx Pav. ex DC. (1829).
  • Cinchona micrantha Ruiz dan Pav. (1799).
  • Cinchona mutisii Lamb. (1821).
  • Cinchona nitida Ruiz dan Pav. (1799).
  • Cinchona officinalis L. (1753)
  • Cinchona parabolica Pav. in J.E.Howard (1859).
  • Cinchona pitayensis (Wedd.) Wedd. (1849).
  • Cinchona pubescens Vahl (1790), syn. C. succirubra
  • Cinchona pyrifolia L.Andersson (1998).
  • Cinchona rugosa Pav. in J.E.Howard (1859).
  • Cinchona scrobiculata Humb. dan Bonpl. (1808).
  • Cinchona villosa Pav. ex Lindl. (1838).
  • Cinchona robusta
  • Cinchona hybrida

Manfaat Tanaman dan Tumbuhan Kina

Sangat banyak khasitan tanaman kina yang bisa kita menggunakan, dimulai dari turunkan demam, meredam alergi atau jamur, mengobati influenza, menyembuhkan diare sampai menyembuhkan penyakit malaria. Manfaat tanaman kina kebanyakan diambil rebusan air dari kulit tangkai pohonnya untuk diminum.

Tapi penggunaan konsentrat pohon kina harus menjadi perhatian baik serta jangan asal-asalan dimakan. Di bawah ini banyak hal yang harus disadari saat sebelum memilih untuk konsumsi konsentrat tumbuhan kina, salah satunya:

  • Untuk wanita hamil, direkomendasikan komunikasi lebih dulu sama dokter
  • Konsentrat kina sebagai obat therapy atau tambahan, maka harus tetap minum obat klinik terutama jika sakitnya udah kronis
  • Jangan meminum tonik atau alkohol berbarengan dengan konsentrat kina lantaran dapat menyebabkan efek
  • Konsentrat tumbuhan kina tidak sesuai untuk penyakit diabetes atau penyakit mata

Di bawah ini yaitu manfaat dari konsentrat pohon kina untuk kesehatan, salah satunya:

1. Mengobati Malaria

Kandungan senyawa alkaloid serta kuinina yang ada di tanaman kina efisien menyembuhkan tanda-tanda penyakit malaria. Trik kerjanya dengan membunuh serta membatasi perkembangan parasit yalaria yang berada di dalam saluran darah.

2. Turunkan Panas Demam

Pohon kina pun punyai manfaat serta Manfaat tanaman kina untuk turunkan panas demam lantaran memiliki kandungan antipiretik atau penurun demam. Sisi dari tanaman kina yang dapat digunakan yaitu kulit batangnya. Metodenya pun lumayan mudah, adalah dengan minum air rebusan kulit kina. Seterusnya, panas demam dapat berangsur berkurang serta pulih.

3. Menangani Jamur Kulit

Buat beberapa wanita yang pengin kulitnya bersih mulus tanpa jamur serta penyakit yang lain, semestinya coba untuk gunakan konsentrat kulit pohon kina. Kina punyai karakter anti jamur maka bisa menolak jamur, kuman serta bakteri, dan sinaran matahari.


4. Menangani Penyakit Kanker

Manfaat tumbuhan kina pun digunakan untuk obat therapy penyakit kanker. Praktek ini udah dilaksanakan oleh warga di Amerika Selatan. Beberapa kanker yang bisa diobati lewat therapy pohon kina yaitu kanker payudara, limpa, hati, serta beberapa model kanker yang lain. Pohon kina yang miliki karakter anti inflamasi sangatcocok untuk menyembuhkan serta menghambat penyakit kanker.

5. Kesehatan Jantung

Manfaat pohon kina juga bisa digunakan untuk menangani serta menghambat penyakit jantung. Manfaat tanaman kina ini udah dikenali sejak mulai zaman ke 17 serta diakui bisa menyembuhkan sakit jantung serta aritmia. Guna zat ini sungguh-sungguh bisa dirasa serta bikin sehat jantung terpenting yang terjalin dengan problem pembekuan darah. Zat alkaloid yang dikatakan kuinidin bertindak dalam melawan serta membunuh kuman serta bakteri yang menimbun di pembuluh darah.

6. Menangani Permasalahan Pencernaan

Kandungan kina bisa menangani parasit serta protozoa yang menimbulkan permasalahan pencernaan di usus. Kulit pohon kina juga bisa menstimulasi produksi organ pencernaan untuk menciptakan enzim yang diperlukan oleh aliran pencernaan.

7. Memperbanyak Gairah Makan

Disamping berguna untuk mengobati serta menangani beberapa permasalahan pencernaan, Manfaat tanaman kina juga untuk memperbanyak selera makan. Pohon kina bisa diambil kulitnya atau kita bisa beli konsentrat pohon kina siap gunakan lalu menambahkan dengan sayur serta makanan yang disenangi anak-anak.

8. Menyembuhkan Diare

Tumbuhan kina pun diakui bermanfaat untuk menyembuhkan sakit diare. Metodenya dengan membuat air rebusan dari kulit kayu kina lalu meminum.

9. Menyembuhkan Influenza

Disamping bisa menangani penyakit akut seperti jantung atau kanker, tanaman ini bermanfaat untuk menyembuhkan influenza gampang sampai berat, antra lain flu biasa, flu batuk, bersin-bersin, hidung mampat, serta yang lain sampai flu babi.

10. Menyembuhkan Problem Pembuluh Darah

Beberapa gejala penyakit yang disebabkan karena problem pembuluh darah bisa juga diobati dengan konsentrat kandungan kina. Permasalahan pembuluh darah yang dikatakan seperti varises serta wasir.

11. Menangani Keram Otot Kaki

Sebuah analisis tahun 1998 pernah menunjukkan manfaat pohon kina untuk menangani keram otot seperti kejang otot atau keram kaki. Di analisis itu, terdaftar bagaimana resiko positif yang diperlihatkan sehabis pengidap konsumsi konsentrat dari pohon kina. Tapi, ada efek yang disebabkan, adalah tinnitus. Lalu analisis yang lain di tahun 2002 menunjukkan kalau konsentrat pohon kina bisa kurangi intensif, frekwensi serta rasa ngilu di keram otot tanpa menyebabkan efek.

Disamping berguna untuk kesehatan, konsentrat kina pun digunakan dalam bidan industri atau produksi. Pohon kina digunakan dalam industri kosmetik, bio pestisida atau pestisida alami, obat untuk hewan, dan sebagainya. Konsentrat pohon kina pun sudahlah banyak dipasarkan di pasar maka dapat segera di konsumsi berbentuk serbuk atau sediaan tablet.

Tanaman Kina di Indonesia

Manfaat tanaman kina untuk kebutuhan penyembuhan mengakibatkan permohonan kian bertambah. Tapi masalah ini tidak dituruti oleh kemajuan perkebunan kina, bahkan juga di tahun 2009 sampai 2014 luas perkebunan kina selalu turun.

lihat juga: Daftar Nama Tumbuhan / Pohon di Indonesia – Macam Flora NusantaraIndonesia cuman menciptakan 500 ton kina pertahun serta 90% pasokannya dipenuhinya oleh kebun kina dari Priangan, Jawa Barat. Wilayah ini punya potensi untuk budidaya kina lantaran punyai topography serta cuaca yang sama dengan kriteria tumbuh pohon kina.

Budidaya

1. Pembibitan

Pembibitan sebagai usaha untuk mendapat bahan tanam yang sama sesuai kebutuhan serta maksud penanaman. Pergandaan vegetatif yaitu trik yang kerap dilaksanakan, adalah lewat stek tangkai serta tambah puncak.

2. Pemrosesan Tempat

Tempat tanam mesti dibuat bersih dari tanaman pengganggu serta gulma. Tidak hanya itu, tanah pun butuh diproses melalui cara dicangkul sedalam 60 cm di step pertama serta step ke dua sedalam 40 cm kira-kira 2 atau tiga minggu sesudahnya. Masalah ini punya tujuan biar susunan tanah gembur selanjutnya dilaksanakan penyebaran pupuk kandang atau kompos kira-kira 50 sampai 60 ton per hektar.

Apabila tanah punyai pH kurang dari 4,5 karenanya dibutuhkan pekapuran sama sesuai kebutuhan. Kapur berbentuk dolomit serta kalisti yang di gabungkan rata tiap 100 gr per lubang. Seterusnya, tanah diberi pupuk TSP biar memecut perkembangan bibit yang hendak ditanamkan.

3. Tehnik Penanaman

Skema penanaman semestinya sesuaikan topography tempat. Ada 3 jarak tanam yang bisa dipakai, adalah:

  • jarak tanam rapat 75 x 75 cm
  • jarak tanam menengah 100 x 100 xm
  • jarak tanam lebar 1,25 x 1,25 m

Lubang tanam bisa dibikin sedalam 20 x 20 x 40 untuk bibit polybag serta 30 x 30 x 40 untuk bibit cabutan.

4. Trik Tanam

Bila bibit datang dari polybag, karenanya plastik mesti disobek serta ditanamkan bersama mediumnya. Seterusnya bibit ditopang dengan belahan bambu serta ditumpuk dengan tanah dengan sedikti pecanduan dan kerjakan penyiraman.

Bibit cabutan yaitu bibit yang udah punyai akar kira-kira 30 cm serta tinggi 40 atau 50 cm. Bibit mesti ditanamkan dalam status tegak lalu ditumpuk tanah serta dipadatkan.

Penanaman semestinya dilaksanakan di awalnya musim penghujan atau kira-kira bulan September. Tanaman perlindungan juga bisa ditanamkan untuk tutup tanah serta membenahi cuaca micro biar lebih fresh.

5. Perawatan

Di budidaya kina, dibutuhkan penylaman, penyiangan, pembubunan serta pemupukan secara periodik. Pupuk yang dikasihkan semestinya yaitu pupuk organik, adalah kompos atau pupuk kandang. Tanaman muda dikasihkan pupuk tiap 2 hingga tiga bulan sekali sejumlah 5 sampai 7 kg per tanaman. Dan tanaman yang umurnya di atas tiga tahun, dikasihkan kompos tiap enam bulan sekali sejumlah 10 sampai 12 kg per tanaman.

6. Periode Panen

Sisi pohon kina yang bisa digunakan salah satunya, kulit tangkai, dahan, cabang serta ranting. Ranting kina bisa dipanen sewaktu berusia 6 atau tujuh tahun. Panen melalui cara tebangan bisa dilaksanakan di pohon yang berusia 9 sampai 11 tahun. Dan panen dengan sistem penjarangan dilaksanakan di umur 3, 5, 6, 7, 8, 12, serta 24 tahun dengan keseluruhan penjarangan tidak lebih pada 12,5% dari keseluruhan tanaman.

Nah itu dia ulasan kami mengenai manfaat tanaman kina, untuk anda yang membutuhkan penjual pohon besar bisa hubungi kami untuk pemesanan

2 komentar untuk “11 Manfaat Tanaman Kina dan Cara Membudidayakanya”

  1. Pingback: Jual Pohon Glodokan Tiang Bibit dan Ukuran Besar Harga Murah

  2. Pingback: Jual Pohon Bismarkia Palem Silver Harga Murah - Tukang Pohon

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.