Mengenal Tanaman Monstera

Mengenal Tanaman Monstera, jenis , Cara Budidaya dan Merawatnya

Bagikan

Mengenal Tanaman Monstera – Awalnya berkembang selaku tanaman hias yang cukup digemari oleh kebanyakan orang, Monstera atau janda berlubang sekarang ini menjadi salah satunya tanaman percantik rumah dengan harga jual yang paling sensasional, sampai beberapa puluh juta rupiah per tanamannya.

Namun memang untuk menanam serta (ditambah lagi) menjaga tanaman hias sama dengan janda berlubang ini diperlukan ketrampilan teristimewa. Lebih-lebih lagi jika kamu sebagai seseorang pemberbudidaya yang mengharap dapat jual kembali tanaman janda berlubang ini.

Teknik penanaman serta perawatan yang kurang benar bisa saja turunkan harga jual dari janda berlubang ini. Tak mau demikian kan? Nach supaya bisa hasilkan janda berlubang memiliki nilai juta-an rupiah, kamu harus mengikut tehnik berkaitan teknik menanam serta menjaga monstera dari kami!

Jenis -Jenis Tanaman Monstera

Monstera sendiri sebetulnya meliputi banyak tipe yang umumnya memang diperbudidayakan untuk diadikan sebagai tanaman hias. Namun berikut ialah beberapa macam monstera yang terbanyak dicari dan mempunyai harga yang fenomenal.

Monstera deliciosa

Nama latin yang dipunyai oleh monstera ini memang lumayan unik, tetapi siapa kira jika tanaman ini termasuk sebagai salah satunya tipe yang terbanyak dicintai oleh pencinta tanaman hias.

Spesies ini datang dari Mexico dan Panama, dan masuk ke Indonesia sudah lama. Tanaman Monstera deliciosa sekarang ini dapat kamu peroleh di beberapa toko tanaman hias dimulai dari beberapa ratus ribu sampai beberapa juta rupiah.

Monstera variegata

Nach inilah bintang dari tanaman janda berlubang yang hits di Indonesia. Tanaman yang ini bisa disebut cukup susah diketemukan, apabila diketemukan juga mempunyai harga yang paling fenomenal.

Umumnya beberapa penjual dari tanaman monstera yang ini berani menetapkan harga beberapa puluh juta rupiah, serta beberapa ada yang cukup ngotot untuk menetapkan harga capai beberapa ratus juta rupiah. Tetapi tetap ada pembelinya.

Monstera adansonii

Tanaman janda berlubang atau monstera yang ini dijumpai sebagai salah satunya tanaman yang termasuk termahal antara tipe monstera yang lain di Indonensia.

Pikirkan saja, untuk tanaman memiliki ukuran kecil kurang dari telapak tangan orang dewasa saja kamu harus mengambil kantong sampai 10 juta rupiah. Belum juga jika tanaman yang diartikan mempunyai jumlah berlubang pada daun yang banyak, karena itu harga akan makin bertambah.

Monstera borsigiana

Mempunyai wujud yang cukup sama dengan Monstera deliciosa, tanaman ini termasuk ke tipe yang paling dicari-cari oleh beberapa praktisi tanaman hias rumahan.

Argumennya juga sama, karena harga relative tambah murah. Apa lagi jika dibanding dengan tipe Monstera adansonii yang dapat dibanderol harga beberapa puluh juta rupiah walau memiliki ukuran kecil. Meskipun begitu tanaman ini masih tetap elok dan pas jadi tanaman hias di dalam rumah kok.

Monstera obliqua

Nach jika yang ini sebagai tipe yang mempunyai wujud daun seperti Monstera adansonii yang bernilai mahal. Perbedaannya tanaman yang ini harga lebih membumi serta lebih dapat dijangkau.

Untuk tiap anakan Monstera obliqua sekarang ini dapat kamu peroleh pada harga beberapa puluh ribu sampai beberapa ratus ribu rupiah saja. Harga yang diberi tergantung dari corak, umur, dan kualitas tanaman yang dipasarkan.

Monstera dubia

Berlainan dengan saudara-saudaranya, tanaman monstera yang ini benar-benar tidak mempunyai skema lubang atau berlubang pada daunnya. Tetapi lebih seperti tanaman sirih.

SElain itu tanaman tipe ini dikeahui sebagai salah satunya tipe tanaman epifit di mana mereka umumnya hidup menumpang dengan tanaman lain. Tetapi mereka dapat menjadi tanaman hias rambat yang elok loh.

Monstera siltepecana

Sama dengan tipe yang awalnya, tanaman monstera tipe yang ini pun tidak mempunyai keunikan daun yang bolong-bolong dan berpola unik. Tetapi lebih seperti tanaman sirih.

Sama juga seperti tanaman tipe awalnya di mana jika ingin membudidayakan Monstera siltepecana kamu dapat membuat rambatan atau meletakkannya menumpang dengan tanaman yang lain yang mempunyai pembuluh kayu.

Cara Mostera Bisa Tumbuh

Ada banyak persyaratan tumbuh yang penting kamu kenali, yaitu:

  • Cuaca – tanaman monstera dijumpai sebagai tanaman yang dari daratan tropis dan umumnya hidup dalam rimba. Semestinya cuaca Indonesia sedikit mempengaruhi perkembangan dari monstera.
  • Kelembapan – dari sisi kelembapan, monstera termasuk sebagai salah satunya tanaman yang paling sukai dengan cuaca lembab.
  • Sinar matahari – walau tanaman ini sebagai tanaman tropis, tetapi di komunitas aslinya tanaman ini sebagai tanaman epifit (menumpang hidup) pada tanaman lain dan biasanya memperoleh lindungan. Hingga baiknya kamu tidak memberi sinar matahari yang terlampau tinggi pada tanaman ini.
  • Temperatur – temperatur yang dicintai oleh tanaman ini ialah temperatur yang tidak begitu tinggi tetapi tidak begitu rendah.
  • Tanah – tipe tanah yang dicintai oleh monstera sebagai tanah yang subur dan gembur.
    Untuk membuat tanah atau tempat tanam yang dicintai oleh monstera kamu dapat mencapurkan tanah gembur dengan tanah berpasir. Tak lupa untuk menambah beberapa bahan organik.
  • Disamping itu satu kali lagi harus diingat jika pada komunitas aslinya tanaman ini sebagai tanaman autotroph dan epifit. Hingga kamu dapat juga menanamnya ikuti tanaman yang lain mempunyai pembuluh kayu.


Sebetulnya tanaman monstera menurut kami termasuk sebagai tanaman hias yang tidak begitu rewel. Ditambah lagi memang tanaman ini datang dari beberapa negara tropis, hingga baik cuaca dan temperatur sangat sesuai cuaca dan temperatur di Indonesia.

Cara Budidaya Tanaman monstera

  • Persiapkan Media Semai Janda Bolong

Untuk media semai kombinasi dapat dibikin dari beberapa bahan di bawah

  1. EM4, larutan gula, sekam (dapat ditukar serbuk gergaji atau jerami yang dicincang), sampah-sampah organic rumah tangga, rumput dan daun kering.
    Pertama kali kamu harus membuat cairan pemecah dengan memakai EM4 : larutan gula : air dengan perbedaan 1 : 1 : 50. Bikinlah sekitar 10 liter larutan dengan perbedaan itu.
  2. Campur sekam atau serbuk gergaji dengan sampah organik / sampah dapur, rumput, dan daun kering dalam tempat yang besar. Campur dengan larutan yang sudah dibikin awalnya dan aduk sampai rata.
    Biarkan kombinasi itu sepanjang sebulan sampai baunya beralih menjadi seperti berbau tanah basah dan teksturnya jadi lebih halus dengan warna sebagai kehitaman.
  • Proses Pembiakan Janda Bolong
  1. Salah satunya sistem vegetatif yang paling direferensikan untuk budidaya tanaman monstera ialah stek tangkai. Cara pertama kali yang harus kamu kerjakan ialah pilih indukan berkualitas.
  2. Mencari tunas yang ada di beberapa buku dari tangkai monstera, yakinkan juga ada sisi perakaran yang dapat diambil.
    Potong sisi itu dimulai dari pangkal bawah tangkai sampai dengan tinggi tunas muda. Satu kali lagi pastikanlah kamu memperoleh sisi akar dari tanaman monstera yang ingin kamu biakkan itu.
  3. Selanjutnya rendam akan anakan itu dalam larutan pupuk organik cair. Kamu dapat beli larutan pupuk organik jenis ini di beberapa toko pertanian paling dekat dengan rumahmu.
  4. Perendaman dapat dilaksanakan sepanjang 30 menit, dapat juga digabungkan dengan larutan anti jamur yang bisa juga dibeli ke beberapa toko pertanian dekat rumahmu.
  5. Perendaman pada larutan-larutan anti jamur dan sejenisnya dapat dilaksanakan sepanjang 30 menit atau sesuai ketentuan yang tercantum pada paket.
  6. Kemudian kamu langsung bisa menanam tunas itu dalam tempat tanam yang sudah kamu bikin awalnya.

Cara Merawat Tanaman Mostera Janda Bolong

Sesudah sukses menanam tanaman monstera, waktunya kamu lakukan perawatan dari tanaman ini. Berikut ialah beberap panduan perawatan dari tanaman monstera yang dapat kamu kerjakan sendiri di dalam rumah.

  • Penyiraman
    Sesuai komunitas aslinya di rimba, tanaman ini memerlukan lingkungan yang lembab. Panduan yang dapat kami beri ke kamu dengan lakukan penyiraman sepanjang sehari sekali dengan memakai sprayer.

Yakinkan tempat yang kamu sirami tidak tergenangi sama air tetapi cukup lembab hingga monstera dapat tumbuh secara baik dan maksimal. Walau menyenangi kelembapan, air yang kebanyakan dapat mengakibatkan akar dari monstera jadi busuk.

  • Penyiangan gulma
    Seperti proses berkebun yang lain, salah satunya cara penting yang perlu kamu kerjakan ialah penyiangan gulma. Kamu harus mengambili gulma atau beberapa tanaman kecil yang lain yang dapat mengusik perkembangan dari monstera.

Sedapat mungkin kerjakan penyiangan tiap hari, supaya saat sebelum gulma tumbuh kebanyakan kamu telah cabuti semua. Jika sudah kebanyakan kamu akan kesusahan mengambili gulma dan gizi yang dapat diambil oleh monstera jadi tidak maksimal.

  • Hama dan penyakit
    Sama juga dengan berkebun yang lain, hama dan penyakit sebagai lawan paling besar yang perlu ditantang. Memang sich tanaman monstera termasuk jarang-jarang terserang penyakit.

Tetapi saat telah dihinggapi penyakit, tanaman ini termasuk cukup susah untuk diatasi. Memakai pestisida atau larutan kimia yang lain memang efisien, tetapi ingat monstera ini kamu tanam di dalam rumah, pasti ini cukup beresiko untuk yang tinggal di rumah.

Karena itu kerjakan pengujian dengan teratur, dan bereskan penyakit dan hama yang serang saat sebelum jadi terlampau besar. Jika kelamaan dihinggapi hama dan penyakit, pasti ada peluang tanaman jadi tidak cantik kembali.

  • Pemupukan
    Paling akhir, pemupukan teratur juga sebagai salah satunya aspek khusus dalam menjaga tanaman monstera ini. Meskipun begitu memang sekarang ini ada banyak pupuk-pupuk dengan beragam merek yang ada di beberapa toko tanaman hias.

Kamu dapat beli satu diantaranya, atau membaca ulasannya lebih dulu untuk pastikan jika pupuk yang kamu membeli memang sungguh dapat membuat tanaman monstera ini tumbuh lebih subur dan maksimal.

Disamping itu kamu tentu saja sah-sah saja memberi monstera yang kamu budidayakan paket gizi khusus yang ada di beberapa toko tanaman hias sekarang ini. Maksudnya sudah pasti supaya daun monstera yang dibuat makin menarik dan dapat meningkatkan nilai jualnya.

Mudah-mudahan artikel tentang Mengenal Tanaman Monstera ini berguna ya!

sumber https://en.wikipedia.org/wiki/Monstera

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.