Mengenal Tanaman Palawija,

Mengenal Tanaman Palawija, Manfaat dan Jenisnya

Bagikan

Mengenal Tanaman Palawija – Kita sering menyaksikan beragam tipe tanaman yang diperbudidayakan oleh petani. Ada beragam komoditas khusus seperti pangan, hortikultura, dan tanaman tahunan. Salah satunya yang kerap jadi fokus perhatian yakni tanaman pangan.

Ada beberapa tanaman yang masuk ke barisan ini, satu diantaranya yakni palawija. Tanaman tipe ini umumnya ditanamkan saat musim kemarau datang. Palawija yang kerap kita mengenal seperti singkong dan jagung, walau sebenarnya tipe palawija sangat banyak. Ingin ketahui apa macamnya? Berikut penjelasannya.

Apa itu Tanaman Palawija?

Palawija biasa ditanamkan petani saat musim kemarau. Syahrul Mauluddin dan Nana Suarna pada “Jurnal ICT” volume 17, nomor satu tahun 2018, menerangkan jika palawija ialah tanaman satu musim yang pada tempat kering. Tanah Latosol jadi tipe tanah yang pas untuk menanamnya. Kandungan pH Latosol 4,5 – 6,5 benar-benar sesuai watak dari palawija. Tipe tanah Regosol bisa juga dipakai untuk budidaya palawija karena kandungan pH-nya serupa dengan Latosol.

diterangkan jika palawija biasa ditanamkan pada tempat yang tidak tergenangi air, seperti tegalan, guludan sujan, dan sawah saat musim kemarau. Dengan praktek budidaya yang betul, palawija dapat ditanamkan di tempat gambur. Tetapi penanaman palawija pada tempat gambut harus memerhatikan varietas tanaman, pengaturan tempat, penataan air, pemrosesan tempat, dan pemupukan yang akurat. Hal itu mempunyai tujuan supaya palawija masih tetap dapat tumbuh secara baik.

Contoh Jenis Jenis Tanaman Palawija

Tanaman palawija dapat disaksikan dari beberapa ciri yang dipunyainya. Ada banyak ciri-ciri dari tanaman ini, seperti berikut:

Dalam pada itu, palawija terdiri jadi dua barisan. Adapun kelasifikasi dari tanaman palawija di antara lain;

Tanaman palawija dapat ditanamkan pada daratan rendah. Umumnya di tanam di lembah dan kaki gunung. Tipe palawija yang pas untuk di budidayakan pada tempat ini diantaranya jagung, kacang panjang, dan kedelai. Selainnya di daratan rendah, ke-3 palawija ini bisa juga di tanam di wilayah sedang.

Selainnya di daratan rendah, palawija bisa juga di tanam pada daratan tinggi. Beberapa macam palawija yang dapat di tanam pada wilayah ini yaitu seperti wortel dan kentang. Ke-2 tipe tanaman ini memerlukan wilayah tinggi supaya bisa tumbuh secara baik dan dapat semakin produktif.

Dalam menanam tanaman palawija harus benar-benar memerhatikan tempat tumbuh tanaman ini. Hal itu terkait dengan keperluan tanaman berkaitan gizi dan bebagai situasi keadaan yang mendukung perkembangan tanaman ini.

Jenis Jenis Tanaman Palwija

Ada beberapa tipe tanaman palawija yang kerap diperbudidayakan. Salah satunya sebagai tanaman pangan alternatif padi. Adapun tipe tanaman palawija diantaranya:

Tanaman palawija pertama kali yang umumnya kita temui saat bertandang ke daratan tinggi yakni kentang. Tanaman ini memliki kandungan karbohidrat yang lumayan tinggi hingga menjadi sisi dari makanan dasar.

  • Kedelai

Kedelai sebagai salah satunya sumber makanan yang terkenal. Tanaman ini terhitung dalam barisan kacang-kacangan hingga kandungan proteinnya lumayan tinggi. Kedelai dapat tumbuh di daratan rendah sampai sedang di saat musim kemarau. Dalam sehari-harinya kedelai biasa dioleh sebagai makanan sehat seperti tempe, tahu, sampai susu.

  • Singkong

Tipe tanaman palawija yang lain yang sangat akrab yakni singkong. Tanaman ini kerap jadi makanan alternatif beras karena kandungan serat dan vitaminnya lumayan tinggi. Menanam singkong lumayan gampang, anda perlu menanamkan tangkai dari tanaman ini dan menjaganya. Langkah ini dikenali nama pergandaan vegetatif dengan memakai mekanisme strek. Umbi singkong akan tumbuh di bagian bawah. Saat panen anda harus mengambil tanaman ini.

Singkong umumnya dibuat jadi bermacam makanan. Dapat direbus, dimasak, jadi kue tradisionil, atau dibikin jadi tepung. Selainnya umbinya, palawija ini bisa juga digunakan daunnya. Daun singkong dapat dibuat jadi sayur atau makanan yang lain sedap.

  • Ubi

Palawija yang lain yang bisa juga ditanamkan di pelataran rumah yakni ubi. Tanaman ini tumbuh sepanjang 90 hari sesudah tanam (hst). Ubi jalar mempunyai tangkai yang menjalar. Umbinya dapat dibuat jadi bermacam makanan, dan daunnya dapat dibuat jadi sayur.

  • Sorgum

Sorgum sebagai tanaman palawija yang perannya bisa juga untuk gantikan nasi. Kandungan nutrisi dalam sorgum bahkan juga dipercayai semakin besar dibanding dengan beras. Hingga makanan ini pas untuk pasien diabetes.

  • Jagung

Tanaman yang mengandung karbohidrat lumayan tinggi ini masuk ke barisan palawija. Anda dapat menemui tanaman ini di wilayah yang kurang air ataupun waktu masuk musim kemarau. Tanaman ini mempunyai judul yang tinggi dengan daun yang memanjang khas Mengenal Tanaman Palawija.

Walau dapat hidup di wilayah kering, tetapi jagung masih tetap perlu air teurtama saat awalnya tanam. Perawatan tanaman jagung harus juga betul-betul jadi perhatian karena tanaman ini lumayan gampang diserang hama dan bakteri tanaman. Sesudah di panen, jagung umumnya diproses dalam bermacam wujud makanan. Anda dapat memprosesnya dengan direbus, di bakar, sampai dibuat jadi nasi jagung.

  • Talas

Talas masuk ke barisan tanaman umbi yang mengandung mineral dan vitamin yang bagus untuk kesehatan. Talas dapat di tanam di pelataran rumah dengan menanamkan bibit talah ke tanah. Tanaman ini umumnya diproses menajdi keripik atau makanan nikmat yang lain.

  • Kacang Panjang

Kita tentu sudah akrab dengan sayur yang ini. Tetapi siapa kira bila tanaman ini masuk ke barisan palawija. Kacang panjang biasa dibuat jadi makanan seperti sayur atau oseng plus tambahan bahan yang lain yang membuat rasanya makin sedap.

  • Oyong

Selainnya kacang panjang, oyong sebagai tipe tanaman palawija yang umum di tanam petani. Tanaman ini dijumpai bagus untuk pasien diabetes karena dipercayai dapat turunkan kandungan gula darah. Tanaman ini dapat diperbudidayakan di pelataran rumah karena tidak memerlukan lokasi yang luas.

  • Mentimun

Tanaman ini umumnya di tanam saat musim kemarau. Ketimun umumnya dibuat jadi sayur, acar, atau bahkan juga dimakan dalam keadaa mentah. Teksturnya yang gurih dan rasanya yang fresh membuat makanan ini pas untuk jadi lahapan.

  • Wortel

Siapa kira bila tanaman dengan akndungan vitamin A yang tinggi ini rupanya terhitung dalam tanaman palawija. Wortel umumnya di tanam di daratan tinggi karena mempunyai keadaan cuaca yang sesuai keperluan tanaman ini. Sesudah dipanen wortel dapat dibuat jadi bermacam masakan seperti sup, oseng, atau bahkan juga dibikin juice bisa juga bagus kan Mengenal Tanaman Palawija.

  • Labu Siam

Labu siam sebagai tipe tanaman palawija yang umum dimakan warga indonasia. Labu siam dipercayai bagus untuk pasien hipertensi. Selainnya buahnya, daun labu siam bisa juga dibuat jadi makanan yang sedap.

  • Gembili

Walau banyaknya telah makin sedikit, palawija yang ini cukup legendaris. Anda akan gampang mendapati gembili di wilayah perdesaan karena ada banyak orang yang menanam dan menjualnya di pasar tradisionil. Gembili sebagai umbi yang mengenyangkan sama dengan ubi jalar, singkong, dan jagung hingga menjadi makanan alternatif nasi. Memproses makanan ini benar-benar gampang perlu direbus hingga masak, dan gembili siap untuk dihidangkan.

  • Kacang Hijau

Selainnya kacang panjang, kacang hijau sebagai tanaman palawija yang umum dimakan. Kacang-kacangan ini umumnya dibuat jadi bermacam makanan yang sedap satu diantaranya bubur kacang ijo.

Kacang-kacangan seterusnya yang masuk ke barisan tanamna palawija yakni kacang tunggak. Tanaman ini sebetulnya serupa dengan kacang panjang namun umumnya yang digunakan bijinya. Kacang tunggak ini dapat diproses sebagai sayur plus tambahan bahan masakan yang lain.

Manfaat Menanam Tanaman Palawija

Menanam tanaman palawija rupanya mempunyai manfaat tertentu. Merilis dari distan.jabarprov.go.id, berikut beberapa faedah menanam palawija:

Untuk Anda yang berminat untuk menanam tanaman palawija, berikut banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Itu banyak hal mengenai tanaman palawija yang dapat kita dalami. Tiap tanaman mempunyai keperluan yang lain. Oleh karena itu, saat sebelum menanam tipe palawija tertentu sebaiknya untuk pelajari berkaitan persyaratan tumbuh dari tanaman itu.

Nah itu dia ulasan mengenai mengenal tanaman palawija manfaat serta jenis jenisnya, semoga bisa membentu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.