Mengenal Tanaman Teratai

Mengenal Tanaman Teratai Hiasan Kolam Bunga Lotus

Bagikan

Mengenal Tanaman Teratai – Bunga teratai, dengan bahasa inggris disebutkan Water Lily, sebagai tanaman air yang sama dengan hidup mengambang di atas air. Untuk golongan beragama Buddha, bunga teratai ialah simbol kesucian. Bisa dibuktikan dengan kelihatannya patung-patung buddha yang duduk bersemedi pada bunga teratai yang merekah lebar. Di lukisan di beberapa film sekalinya, realisasi Buddha selalu dilukiskan menempati, naiki atau berdiri pada bunga teratai yang besar sekali.

Pada zaman dulu, beberapa orang kerap memadupadankan bunga bergenus Nymphaea ini dengan bunga bergenus Nelumbo pada satu kolam. Selanjutnya, ke-2 tanaman berlainan genus itu juga bertepatan bermekaran. Hasilkan bunga-bunga berwarna-warni yang paling memesona. Wujud dan ukuran bunganya seperti keduanya, karena itu saat ini bunga teratai ini sering disetarakan dengan bunga bergenus Nelumbo itu, lotus, tanaman air yang juga menarik.

Teratai (Lotus) Sebagai Hiasan Kolam


Untuk dapat membandingkan bunga lotus dan teratai dapat disaksikan dari beragam faktor. Faktor yang paling simpel ialah lihat kelopak bunganya. Kelopak bunga lotus mempunyai lembaran yang lebar dan bundar. Dan bunga teratai hasilkan kelopak bunga yang panjang-panjang dan sedikit lancip diujungnya, dan pinggirnya kelihatan tajam. Kelopaknya berlapis-lapis dan kelihatan rimbun. Disamping itu, tanaman lotus tumbuh muncul ke atas permukaan air, dan bunga teratai mengambang di air bersama daunnya. Awalnya, ketidaksamaan teratai dan lotus.

Daun bunga teratai berupa bundar, besar melebar, sepintas nyaris serupa dengan daun tetepok. Namun daun tetepok yang terbelah pangkalnya, berupa hati (baca artikel khusus tetepok di sini), dan daun teratai tidak begitu berupa hati karena ujung daunnya masih tetap membulat. Cuman terpenggal pada bagian pangkalnya, ke arah batang. Daun ini sebagai tempat penunjang bunga-bunga teratai yang bermekaran nanti.


Bila dibanding kembali dengan lotus, warna yang dibuat bunga teratai lebih bermacam dan bervariatif. Hingga sanggup memberikan beragam warna yang cantik pada kolam. Tanaman ini memiliki akar dan batang dari rizoma yang hampir tidak terlihat karena sembunyi dibalik lumpur pada dasar kolam. Selainnya memberi kesan-kesan yang mengagumkan cantik pada kolam Anda, bunga teratai dapat bersihkan kolam dan otomatis memberikan faedah pada kolam yang di huni oleh ikan-ikan hias.

Akar bunga teratai sanggup mempernyerap kotoran-kotoran pada air dan menggantinya jadi makanan ikan. Daunnya yang lebar menjadi tempat berlindungnya ikan dari paparan matahari langsung, sebagai area untuk menyimpan telur-telur ikan itu.


Tidaklah sampai disana, bunga teratai rupanya dijadikan bahan herbal penyembuhan tradisionil. Banyak penyakit yang bisa ditangani, seperti hipertensi, insomnia, sakit jantung, beri-beri, kencing darah, batuk darah, kanker, keputihan, diare, ejakulasi awal, disentri dan demam. Untuk penyembuhan, semua sisi bunga dapat dipakai, dimulai dari biji, bunga, daun, batang, akar sampai rimpangnya. Dapat dipakai pada kondisi fresh atau dikeringkan.

Jadi tanaman air ini bukan hanya bisa mewarnai pada kolam Anda, tetapi bisa juga menangani permasalahan kesehatan, nah itu dia pembahasan kami mengenai Mengenal Tanaman Teratai semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.