Tata Cara Budidaya Kacang Tanah Yang Baik dan Benar

Tata Cara Budidaya Kacang Tanah Yang Baik dan Benar

Bagikan

Langkah Budidaya Kacang Tanah Kacang tanah biasa dijadikan bahan bumbu masakan oleh warga Indonesia. Keperluan warga Indonesia akan kacang tanah, membuat tipe kacang ini lebih banyak diperbudidayakan sesudah padi dan jagung.

Beberapa petani yang pemula umumnya masih tidak cukup memahami berkaitan langkah budidaya kacang tanah, walau sebenarnya bila budidaya ini diproses dengan betul, Anda dapat memperoleh untung yang cukup banyak.

Bagaimana membudidayakan kacang tanah?

Perlu Anda kenali saat sebelum mengulas langkah budidaya kacang tanah jika tanaman kacang yang ini tidak terus-terusan pas untuk semuanya tipe tanah. Tanah dengan curahan hujan tinggi, menguasai tidak pas jadi tempat tanam.

Kondisi tanah yang hendak jadi terlampau lembab menjadi satu diantara pemicunya. Keadaan semacam itu akan mengakibatkan tumbuhnya jamur dan penyakit. Karena itu, kerugianlah yang hendak didapatkan.

Lalu tempat apakah yang pas? Tanah bercurah hujan sedang, benar-benar pas untuk penanaman kacang tanah.

Berikut tata langkah budidaya kacang tanah :

Pembenihan

Benih terbaik kacang tanah, tidak harus dibeli lewat toko pertanian. Anda bisa juga memperoleh benih kacang tanah dari kacang tersebut. Ketentuannya, tidak boleh kupas kacang dari cangkangnya lebih dahulu.

Kacang yang hendak jadi benih perlu didiamkan sampai 100 hari lama waktunya. Keunikan benih kacang yang dapat ditanamkan ialah mempunyai warna kehitaman dan tidak berselaput.

Janganlah lekas menanam benih kacang yang telah didapat. Kerjakan sortasi dan penjemuran benih dahulu sampai 5 hari lama waktunya.

Penyiapan Tempat Tanah

Tipe tanah yang bisa dipakai untuk budidaya kacang tanah ini ialah tipe tanah gembur. Langkah menyenangkan tanah, dapat dilaksanakan dengan tehnik pembajakan. Tanah yang gembur itu lalu digabung dengan kapur.

Jumlahnya kapur yang diperlukan setiap satu hektar tanah ialah sekitaran 2 ton. Sesudah pencampuran tanah dengan kapur, Anda perlu diamkan tanah sampai dua hari lama waktunya.

Pakai pupuk kandang yang digabung rata dengan tanah tempat, saat sebelum Anda mengawali penanaman benih. Untuk sistem tanah penanamannya, Anda dapat pilih pilihan membuat bilikan atau mungkin tidak. Ini tergantung dari kondisi tempat.

Bila memang tempat riskan terserang kubangan air, karena itu kerjakan pembikinan drainase atau bilikan. Saat tanah sudah siap, tanam benih pada tiap lubang tempat yang ada. Tiap tanah tanam harus diberi jarak untuk perkembangan dan perubahan kacang tanah nanti.

Ukuran jarak yang dapat dipakai ialah sekitaran 25 cm x 25 cm. Penyiraman tanaman kacang tanah sesudah benih ditanamkan dapat Anda kerjakan tiap hari, persisnya 2x satu hari, sore dan pagi. Pada perhitungan hari ke 7, benih kacang tanah mulai akan berkecambah.

Perawatan Tanaman Kacang Tanah

Perawatan budidaya kacang tanah ada 3 langkah, yaitu pemupukan, penyiangan, dan pembumbunan. Ke-3 cara itu perlu Anda kerjakan, Proses pemupukan ini ialah pemupukan susulan yang memakai pupuk kaya fosfor.

Pupuk yang kaya kandungan fosfor, akan menolong perbanyak buah dan memperbaiki hasil buah kacang ini. Dan, penyiangan dan pembumbunan dapat dilaksanakan dengan tutup akar, daun, dan tangkai kacang. Persisnya sisi bawahnya.

Proses itu mempunyai arah khusus untuk perbanyak jumlah biji kacang tanah. Dan, untuk perawatan tanaman dari zaman, Anda perlu memberi pupuk kandang masak. Disamping itu, proses penyiangan intens perlu dilaksanakan secara baik.

Tanaman yang telah dirasakan tercemar penyakit, seharusnya selekasnya Anda membersihkan dan ditarik dari pohonnya supaya tidak lalu menyebari tanaman lainnya. Perawatan yang dapat Anda kerjakan setelah itu lakukan sanitasi lingkungan.

Proses ini bisa juga dilaksanakan dengan lakukan penanaman varietas tanaman, yang mempunyai ketahanan lumayan bagus pada beragam tipe penyakit.

Proses Panen Kacang Tanah

Kacang tanah yang siap dipanen ialah kacang yang telah masuk umur penanaman 90 hari. Dan bila disaksikan dari ciri-ciri uniknya, kacang tanah siap panen mempunyai tangkai yang keras dan daun menguning.

Anda bisa juga pakai sistem sample, untuk ketahui lebih tentunya. Sistem ini dilaksanakan dengan saksikan langsung apa tanaman sudah berisi buah kacang tanah secara penuh.

Berikut yang menjadi satu diantara karena, kenapa penanaman serentak perlu dilaksanakan. Ada sistem sample ini akan makin memberikan keyakinan Anda untuk lakukan panen kacang tanah.

Demikian artikel langkah budidaya kacang tanah yang publish di kelompok Budidaya. Mudah-mudahan berguna ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.