daya Tanaman Durian Montong

Tata Cara Budidaya Tanaman Durian Montong Untuk Pemula

Bagikan

Budidaya Tanaman Durian Montong – Di Indonesia, siapakah yang tidak menyenangi buah berduri ini? Populer dengan cita-rasanya yang halus yang nikmat membuat pencintanya ikhlas cari kehadirannya bahkan ke penjuru desa-desa sekalinya. Tidak disangsikan kembali ketenaran dari buah yang ini. Meskipun ada pula sebagian orang yang malas mengkonsumsinya karena tidak menyenangi wewangiannya. Kata beberapa orang pencinta durian, “Belum coba buah durian, Belum rasakan surga dunia!”. Wahh.. Kedengar hiperbola, tetapi demikianlah.. karena sangat sedapnya sampai dimisalkan dengan surga dunia.

Ada beberapa beberapa jenis durian yang menyebar di Indonesia. Di online shop banyak disediakan bermacam tipe bibit durian, seperti durian musang king, durian matahari, durian merah dan banyak yang dapat Anda saksikan sendiri sesuai dengan keinginan anda. Berbeda tipe, berbeda rasanya. Tujuannya, rasanya masih tetap rasa durian, tetapi cita-rasanya yang unik sebagai wakil masing-masing macamnya. Salah satunya tipe yang terpopuler dan banyak disukai ialah durian montong.

Budidaya Tanaman Durian Montong


Untuk beberapa pencinta durian, tipe durian montong sudah tentu masuk ke daftar khusus sebagai tipe durian yang pantas untuk dicari. Durian yang dari Thailand ini mempunyai keunggulan pada faktor buahnya yang besar sekali, dagingnya yang tebal dengan biji yang paling kecil, dan rasanya yang manis dan halus. Dengan beberapa kelebihan itu, durian ini memiliki daya jual yang lebih mahal dibandingkan tipe durian yang lain.

Baca Juga Jual Pohon Kurma Ajwa Bibit Ukuran Besar dan Berbuah

Karena harga benar-benar mahal, umumnya saat membeli, habis dikonsumsi ramai-rame dengan keluarga, rasanya masih ingin kembali.. hehehe. . Maka agar Anda senang, coba punyai pohon durian tersebut. triknya pasti dengan menanamnya sendiri di kebun Anda. Selainnya untuk dicicipi sendiri dengan keluarga, menanam durian montong dapat menjadi usaha yang paling memberikan keuntungan lho… Pikirkan saja bila penanaman Anda sukses, keinginan tiba terus, ujungnya hasilnya masuk juga ke dompet Anda

Maka ingin mencoba budidaya tanaman durian montong? Untuk menanamnya, tidak sulit kok. Triknya dapat Anda turuti dengan memerhatikan beberapa langkah simpel di Bawah ini:

Penyeleksian bibit


Untuk menanam durian montong, dianjurkan untuk memakai bibitnya saja, karena penanaman memakai biji condong tidak berhasil dan memerlukan beberapa tehnik tertentu yang umumnya cuman terkuasai oleh petani durian saja.
Bibit durian yang dipakai ialah bibit durian montong yang unggul. Bibit yang unggul ialah bibit yang sehat dan fresh. Dapat disaksikan dari memiliki bentuk yang baik, batangnya yang keras, daunnya banyak dan fresh. Bila daunnya kelihatan layu atau cuman sedikit, karena itu peluang akarnya tidak pada keadaan yang bagus.

Bibit yang dipakai ialah bibit unggul yang sehat dan subur.

Pengadaan tempat


Tempat yang dipakai seharusnya digemburkan lebih dulu dengan cara mencangkulnya bolak balik supaya elemen hara alami yang ada dalam tanah, diperlukan oleh tanaman, dapat keluar. Untuk mendapatkan kualitas tanah yang lebih baik kembali, dapat Anda tambah dengan pemberian pupuk Alami, yakni pupuk kandang.


Penanaman


Proses penanaman diawali dengan membuat beberapa lubang pada tempat sama ukuran 50 cm. Sama ukuran semacam ini karena itu akar dapat tumbuh sama ukuran besar kuat, dan bebas untuk bernapas. Untuk penanaman, bibitnya tidak langsung dimasukkan ke lubang. Biarkan lubang itu lebih dulu sepanjang dua minggu. Lantas beri pupuk kandang Dolomit. Sesudah 10 hari selanjutnya, bibitnya bisa ditanamkan.

Masukan bibit itu ke lubang secara pelan-pelan dan tutupi kembali dengan tanah di sekitarnya. Beri tanaman pengiring yang ukuran semakin besar dari ukuran bibit yang ditanamkan. Ini mempunyai tujuan memberi penyelamatan dan membuat perlindungan bibit dari hempasan angin ribut. Untuk penanam bibit durian, dianjurkan mengawali menanamnya pada musim hujan.

Perawatan

Sesudah penanaman bibit, curahkan perhatian pada periode perkembangannya. Beri penyiraman pemupukan dengan teratur. Saat bibitnya telah capai 5 mtr., potong puncaknya. Ini akan menggairahkan perkembangannya bisa lebih cepat. Selanjutnya pada ketika telah tumbuh besar, tumpas kehadiran hama. Ranting-ranting yang ditutupi cahaya matahari dapat dipotong saja. Karena ranting itu tidak hasilkan bunga.
Dalam pada itu, ranting yang hasilkan bunga akan memberi buah nanti.

Nach, untuk mengoptimalkan hasil buahnya supaya lebat, karena itu saat ranting berbunga, perlu ditolong penyerbukannya. Tahapan penyerbukannya dapat ditolong dengan cara menyapukan kuas pada bunga yang mekar secara pelan-pelan. Kerjakan saat malam hari dengan memakai kuas lembut. Ini kan membuat makin banyak putik yang berjumpa dengan serbuk sari.


Sesudah pohon Anda telah berbuah, kerjakan tahapan pemilihan buah. Triknya, di saat buah durian masih dengan diameter 5 cm, mencari atau penyeleksian buah-buah yang berkualitas baik. Kerjakan penjarangan buah terbaik dengan memberi jarak sekitaran 30cm dengan buah yang lain. Dan di saat buahnya telah masak, seharusnya dibuntel dengan kain atau diikat supaya tidak hancur di saat jatuh dari pohonnya.
Well.. buah durian montong siap Anda panen..!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.