Cara Menanam Pohon Singkong

Tata Cara Menanam Pohon Singkong Agar Cepat Besar

Bagikan

Cara Menanam Pohon Singkong – Singkong atau juga dikenal dengan panggilan ketela pohon sebagai tanaman yang dari suku Euphorbiaceae,umumnya, tanaman ini digunakan sisi umbi dan daunnya. Daun singkong banyak disukai untuk dimakan sebagai lauk atau sayur. Kandungan gizinya yang tinggi membuat daun singkong menjadi satu diantara sayur yang banyak dimakan.

Ada juga tanaman ketela madu, hingga Anda dapat turuti langkah budidaya ketela madu.Pohon yang mempunyai nama ilmiah Manihot utilissima ini umbinya banyak digunakan sebagai makanan sumber karbohidrat. Walau tinggi kandungan karbohidrat, sisi umbinya mempunyai kandungan protein yang rendah. Tetapi, kandungan protein yang tinggi malah dapat diketemukan di daun singkong. Ini karena daun singkong memiliki kandungan asam amino metionina.

Umbi singkong dapat direbus saat sebelum dimakan, tetapi juga bisa dimakan saat matah. Umbinya memiliki kandungan sedikit glukosa hingga berasa cukup manis saat dikonsumsi. Singkong bisa juga dimakan berbentuk lain seperti dibikin jadi tape singkong, kolak singkong, dan sebagainya. Singkong berlainan dengan ubi jalar. Untuk ubi jalar, dapat turuti langkah menanam ubi jalar.

Ternyata, menanam pohon singkong tidak begitu susah. Anda dapat turuti langkah menanam singkong. Anda dapat menanamnya bahkan juga di dalam rumah atau di tempat kosong yang lain. Bila cuman ada tempat yang terbatas, turuti langkah menanam singkong di tempat sempit.

Tetapi, sesudah ditanamkan, seharusnya pohon singkong dirawat dengan benar dan baik supaya bisa tumbuh secara baik dan sehat hingga dapat menghasilkan ubi yang banyak, besar, dan berkualitas tinggi.

Langkah dan Panduan Merawat Pohon Singkong

Berikut rincian lebih komplet berkenaan langkah merawat pohon singkong yang dapat Anda turuti:

  • Pemakaian bibit unggul

Saat sebelum menanam pohon singkong, yakinkan Anda memakai bibit yang unggul. Ini penting supaya hasil panen singkong nanti bisa juga mempunyai kualitas yang bagus. Samakan lokasi penanaman pohon singkong dengan tipe bibit yang dipakai

  • Pemrosesan tempat yang bagus

Pemrosesan tempat yang bagus dibutuhkan supaya tanaman singkong dapat tumbuh dengan subur dan sehat. Anda harus pastikan jika pohon singkong ditanamkan di tempat yang subur, gembur, dan memiliki kandungan banyak elemen hara yang dibutuhkan tanaman

Pemupukan tanaman singkong

Pemberian pupuk penting juga untuk kesuburan dan perkembangan pohon singkong. Untuk dapat panen singkong berkualitas tinggi, pakai pupuk yang mengandung elemen hara yang komplet.

Pemupukan ini dapat dilaksanakan sekitar satu atau 2x dalam sebulan.

Pupuk organik seperti pupuk kompos atau pupuk kandang akan lebih bagus saat dipakai karena lebih alami. Bagaimanakah cara membuat pupuk kompos dari sampah organik pasti akan berguna.

  • Bersihkan gulma

Kerjakan penyiangan pada rumput atau gulma yang lain yang tumbuh disekitaran pohon singkong dengan teratur. Ini dibutuhkan untuk menghindar pohon singkong kekurangan gizi karena ada gulma

  • Penyiraman yang cukup

Pohon singkong membutuhkan air dan penyiraman yang cukup. Karena itu, waktu terbaik untuk menanamnya yakni pada awal musim penghujan. Bila hujan tidak turun, yakinkan Anda menyirami tanaman dengan teratur sehari-harinya. Penyiraman dapat dilaksanakan tiap hari sekitar 2x yakni pada sore dan pagi hari

  • Mekanisme drainase yang bagus

Walau membutuhkan air untuk tumbuh secara baik, pohon singkong tidak pas dengan tempat yang tergenangi air. Air yang kebanyakan dapat membuat pohon singkong jadi rawan pada penyakit dan busuk.

Karena itu, yakinkan tempat pohon singkong mempunyai mekanisme drainase yang bagus

  • Jagalah tanaman dari hama

Yakinkan pohon singkong bebas dari hama yang dapat mengusik perkembangan tanaman. Bila perlu, Anda dapat memakai pestisida atau insektisida. Hama yang kerap mengusik pohon singkong yakni tungau merah

Itulah ulasan kami mengenai Tata Cara Menanam Pohon Singkong Agar Cepat Besar . Mudah-mudahan berguna.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.