Wisata Taman Bunga Gemitir di Bali

Tips Menanam Bunga Matahari Agar Cepat Berbunga

Bagikan

Tips Menanam Bunga Matahari – Salah satunya bunga yang banyak mengundang perhatian pecinta tanaman yakni bunga Matahari. Bunga Matahari sebagai salah satunya bunga yang menyimbolkan kebahagiaan dan kesenangan. Bunga Matahari selalu kelihatan cantik dan menawan, oleh karenanya banyak fans bunga kagum dengan bunga Matahari.

Bunga Matahari mempunyai ukuran yang besar.Penampilan bunganya mempunyai watak yang lain dengan bunga lainnya. Dengan kelopak yang besar dan daun – daun hijau sedikit lebar mengitarinya. Tetapi harus dipahami, untuk menanam bunga Matahari tidak gampang. Apa lagi jika ingin menanamnya sebagai salah satunya bunga elok di pelataran rumah.

Taman Bunga Dewari
Taman Bunga Matahari

Dan berikut cara-cara merawat bunga Matahari di dalam rumah. Baca secara lengkap di bawah ini, ya.

  • Tanam Bunga Matahari di Tempat Terbuka

Langkah merawat bunga Matahari di dalam rumah yang pertama yakni dengan menanamnya di tempat terbuka. Ini karena di tempat terbuka, bunga Matahari akan tumbuh secara baik jika terserang konsumsi cahaya matahari yang cukup.

Lewat cara natural, bunga Matahari ialah type bunga yang menyenangi tempat yang mempunyai temperatur hangat. Oleh karenanya, untuk pastikan bunga Matahari tumbuh secara baik, bunga ini harus mendapatkan konsumsi cahaya matahari langsung. Bunga Matahari memerlukan mataharinya untuk dapat tumbuh secara baik.

Selanjutnya, bunga Matahari kerap dipandang seperti salah satunya tanaman hias karena memiliki bentuk yang elok. Disamping itu, penanaman bunga Matahari dapat dilaksanakan di pelataran rumah. Tetapi, penting diingat lokasinya supaya selalu dapat memperoleh cahaya matahari yang cukup.

  • Tanam di tempat yang sedikit terserang angin

Langkah merawat bunga Matahari di rumah yang ke-2 yakni yakinkan tempat menanam bunga Matahari bukan tempat yang kerap terserang angin. Ini karena, tanaman bunga Matahari sebagai tipe tanaman yang mempunyai ‘tubuh’ yang panjang.

Oleh karenanya, jika bunga Matahari didiamkan tumbuh dan berdiri tanpa sanggahhan, selanjutnya terserang angin yang kuat, bukan mustahil bunga Matahari akan cepat membuat batangnya patah.

Dan, untuk menghindar bunga Matahari terserang angin ribut, perlu tempat khusus, seperti tempat yang dikasih pagar. Ini dapat mencegah angin yang kuat dapat berkenaan bunga Matahari.

Tetapi jika memanglah tidak ada tempat, minimal harus diberi pagar di sekitar bunga matahari supaya bisa mencegah angin ribut berkenaan bunga Matahari.

  • Jauhi bunga Matahari dari Hama yang Menghancurkan

Salah satunya hal yang perlu jadi perhatian sebagai salah satunya langkah merawat bunga Matahari di rumah yakni dengan pastikan bunga Matahari bebas dari hama. Ini karena, bunga Matahari sebagai salah satunya tipe bunga yang paling disukai oleh hama. Salah satunya hama yang kerap menghancurkan bunga ini ialah Kepik Hijau.

Kepik Hijau biasa serang biji bunga Matahari. Disamping itu, hama yang lain kerap serang bunga Matahari yakni hama wereng. Wereng seringkali serang sisi daun dari bunga ini. Tetapi, tidak itu saja, hama tipe ini kadang serang bunganya. Dan hama lain seperti Ulat Bulu-bulu dan Belalang. Ke-2 nya serang sisi daun dari bunga Matahari.

Biji bunga Matahari adalah yang dapat menjadi usaha memberikan keuntungan. Tetapi, meskipun bukan pembisnis atau pemberbudidaya, hama yang serang bunga Matahari harus jadi perhatian dan dirampungkan. Oleh karenanya, bunga Matahari perlu untuk disemprotkan dengan cairan anti hama.

  • Pilih tempat penanaman bunga Matahari dengan memerhatikan tingkat pH

Seterusnya yakni penyeleksian tempat penanaman bunga Matahari. Tingkat pH yang diperlukan masing – masing tanaman tidak sama. Oleh karenanya harus disamakan dengan tempat penanaman supaya bunga Matahari tumbuh secara baik.

Selanjutnya, selainnya keperluan masing – masing tanaman berlainan, tingkat pH dan keasaman tiap tanah juga tidak sama. Dan, untuk kelompok bunga Matahari, memerlukan tingkat keasaman yang sedikit, yakni sekitaran 6-7,5 tingkat pH.

Tetapi, jika tidak dapat pastikan tingkat pH dan asam, bunga Matahari pada intinya dapat tumbuh dimanapun. Tapi akan tumbuh lebih bagus jika di tanam dalam tanah dengan tingkat pH sekitaran 6-7,5.

Siram tanaman dan pemberian pupuk dengan teratur

Langkah merawat bunga Matahari di rumah seterusnya yakni teratur menyirami bunga dan dikasih pupuk. Untuk nikmati hasil keelokan dari tanaman bunga Matahari yang tumbuh secara baik, perlu perhatian khusus.

Seperti memiara hewan seperti kucing dan anjing yang memerlukan perhatian, bunga Matahari juga memerlukan perawatan yang detil. Perawatan tak perlu ribet, perlu teratur memberi pupuk yang disebut makanan satu hari – hari dari bunga Matahari.

Dan janganlah lupa untuk pilih pupuk yang pas untuk bunga Matahari, supaya bunga itu dapat tumbuh secara baik dan memesona.

  • Memerhatikan jarak masing – masing tanaman bunga Matahari

Setelah itu memerhatikan jarak menanam bunga. Bunga Matahari memerlukan lokasi yang nyaman, luas, dan membuat mereka tidak harus ‘berebutan’ saat diberi pupuk. Jika jarak bunga Matahari yang ditanamkan terlampau dekat membuat bunga ini tidak bisa bebas bergerak. Dan itu menghalangi bunga ini untuk tumbuh.

Bunga Matahari saat berkembang bisa menjadi bunga yang mempunyai ukuran besar. Hingga memerlukan ruangan cukup buat berkembang dengan optimal dan tidak berhimpit keduanya.

Nah itu dia pembahasan mengenai Tips Menanam Bunga Matahari, semoga bermanfaat dan selamat mempraktekanya di rumah, terimakasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.